Mobil yang sudah keluaran lama biasanya memiliki warna yang sudah tidak menarik lagi, seperti cat yang sudah kusam, pecah-pecah bahkan sebagian terkelupas. Karena itu sebagian pemilik mobil mengganti warna mobil kesayangannya dengan mengecat mobil sendiri atau mempercaykannya kepada bengkel cat meskipun harus mengeluarkan biaya cat mobil full body yang tidak sedikit.

Memang dengan cat mobil yang baru dengan warna berbeda akan menjadikan mobil terlihat lebih bagus. Namun, sebelum benar-benar mengganti warna mobil dengan warna baru yang berbeda sebaiknya anda mempertimbangkan berbagai hal. Merubah warna kendaraan tidak semudah merubah warna benda lain seperti cat tembok rumah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Merubah Warna Kendaraan !

Sebagian besar dari pemilik mobil telah mempertimbangkan untuk mengubah warna kendaraannya, tetapi sangat sedikit yang kemudian merubah warna mobil dengan warna lain. Hal itu karena beberapa alasan, terutama terkait dengan biaya dan waktu karena mengubah warna mobil yang berbeda dari warna asli jauh lebih sulit daripada sekadar mengecat dalam warna yang sama. Sebelum mengganti warna mobil anda sebaiknya mempertimbangkan hal berikut :

Bisnis bengkel Cat Mobil
Cat dengan oven manghasilkan kualitas cat terbaik. Sumber Unsplash

1. Biaya Mahal

Untuk merubah mobil ke warna lain tentumya semua cat lama harus dihilangkan. Jika tidak, warna baru tidak akan optimal. Selain itu pada bagian tertentu pasti masih ada sisa cat warna lama, seperti pada bagian kap mobil ketika dibuka.

Pengecatan kendaraan dengan warna berbeda akan memakan biaya lebih mahal dan membutuhkan tenaga yang lebih besar karena harus ada aktifitas menghilangkan cat lama. Jika dilakukan dengan benar, perubahan warna akan melibatkan pengecatan bagian dalam ruang mesin kendaraan, kusen pintu, tutup bagasi, dan permukaan lain yang biasanya tersembunyi.

2. Memakan Waktu Lama

Waktu yang lama diperlukan untuk mengganti warna cat karena itulah biaya menjadi meningkat. Pekerjaan yang dilakukan akan menjadi berlipat, karena selain harus menghilangkan cat lama juga harus membuat warna dasar, memperbaiki kerusakan body dan sebagainya.

3. Nilai Jual

Mengecat kendaraan dengan warna berbeda juga mempengaruhi nilai jualnya. Untuk kendaraan baru yang memiliki banyak pilihan warna mungkin tidak ada masalah, tetapi dengan mobil tua yang banyak diburu kolektor, warna bisa membuat perbedaan besar dalam harga jualnya. Barang antik lebih memiliki nilai jual tinggi apabila memiliki warna yang masih asli.

4. Perubahan Dokumen

Jika anda mengubah warna kendaraan, anda juga harus mengubah warna pada registrasi dan dokumentasi kendaraan lainnya, seperti surat tanda kepemilikan kendaraan. Tentu saja hal ini juga menyebabkan tambahan biaya.

Jika anda sudah mempertimbangkan hall diatas, tentu akan ada opsi lanjutan yang harus dipilih. Bisa melanjutkan dengan tetap merubah warna cat, bisa juga tidak. Jika anda memutuskan untuk merubah warna cat mobil anda, biaya cat mobil full body juga bukanlah biaya yang sifatnya flat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Cat Mobil Full Body

Anda juga harus mengetahui hal berikut ini agar anda tidak kaget ketika mengetahui biaya cat mobil full body.

1. Ukuran Kendaraan

Kendaraan dengan ukuran body lebih luas tentu akan memakan material cat dan waktu yang lebih lama dalam pengerjaannya daripada kendaraan dengan ukuran kecil. Anda bisa membayangkan berbagai jenis atau type kendaraan mobil. Compact atau city car tentu akan memakan biaya pengecatan lebih murah daripada mengecat kendaraan jenis SUV atau minibus.

2. Perbaikan Tambahan

Terkadang bengkel cat mobil tidak serta merta mengecat mobil sesuai permintaan. Mereka akan meneliti terlebih dahulu, apakah pada body mobil anda perlu ada perbaikan atau tidak. Berbagai jenis goresan pada mobil akan dilihat, apakah perlu di lakukan pendempulan atau tidak. Apakah body kendaraan penyok atau tidak. Inilah yang menjadikan ada biaya tambahan.

3. Pilihan Warna

Pilihan warna pada pengecatan mobil mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Warna mainstream seperti hitam, putih, atau abu-abu adalah warna yang termurah. Jika anda menginginkan warna khusus, terutama yang digunakan oleh produsen mobil premium, anda akan membayar lebih mahal.

4. Kualitas Cat

Kualitas cat yang anda gunakan juga mempengaruhi harga layanannya. Cat dengan kualitas bagus memiliki harga yang mahal. Namun dengan mengeluarkan biaya yang lebih tnggi yakni dengan cat kualitas bagus maka keawetan cat yang ada pada mobil anda akan lebih terjamin. Selain itu, dengan menggunakan cat yang berkualitas bagus, warna yang anda dapatkan akan sesuai dengan harapan.

5. Metode

Jangan anda pikirkan bahwa metode yang digunakan dalam pengecatan antara bengkel satu dengan yang lain adalah sama. Sistem pengecatan oven memiliki biaya layanan yang lebih mahal daripada metode yang konvensional. Dengan menggunakan sistem oven, pekerjaan pengecetan menjadi lebih cepat karena pengeringannya tidak melibatkan sinar matahari. Sedangkan pengerjaan pengecatan konvensional lebih lama karena tergantung pada matahari dalam proses pengerinannya.

Biaya Cat Mobil Full Body
750Nano ceramic pada finishing memberikan perlindungan ekstra. Sumber Unsplash

6. Finishing

Finishing dalam pengecatan mobil biasanya adalah lapisan tipis dengan warna bening atau biasa disebut dengan lapisan clear. Dengan lapisan ini sebenarnya warna cat sudah terlihat mengkilap. Namun untuk perlindungan yang lebih bisa menggunakan nano ceramic. Dengan melapisi body mobil menggunakan formula nano ceramic, maka cat mobil akan memiliki tambahan perlindungan, namun anda harus mempersiapkan dana yang lebih banyak.

Demikian ulasan mengenai biaya cat mobil full body yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Pastikan anda mempercayakan kepada jasa cat mobil Jogja, FinnAutoExpress.Com untuk hasil cat mobil terbaik dengan harga yang bersaing. Terima kasih.