Cara Membersihkan Interior Mobil – Berbicara soal perawatan mobil maka tidak hanya mengenai servis mesin dan penampilan kinclong saja. Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah membersihkan interior mobil. Mengapa demikian? Sebab selain dapat membuat pengguna atau penumpang merasa nyaman, juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya karat, keropos, atau kerusakan lain di beberapa bagian dalam mobil.

Lantas, bagaimana cara membersihkan interior mobil agar terlihat baru? Berikut ini beberapa komponen interior mobil yang perlu Anda bersihkan untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga : Cara Merawat Body Mobil

Cara Membersihkan Interior Mobil

Kebersihan mobil tentunya menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kinerja mobil Anda. Tidak hanya memperhatikan kebersihan eksterior mobil, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan bagian dalam atau interior mobil. Banyak orang yang ternyata belum mengetahui bagaimana cara membersihkan interior mobil dengan benar dan tepat.

Bagian dalam mobil terdiri dari beberapa bagian penting seperti jok, dashboard, plafon, dan masih banyak lainnya. Setiap komponen tersebut memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut ini ulasan mengenai cara membersihkan interior mobil yang tepat sehingga tetap terlihat bersih meskipun sering digunakan.

1. Jok

Ilustrasi Interior Mobil
Ilustrasi Interior Mobil, Sumber : kompas.com

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat jok mobil Anda tetap terjaga kebersihannya yaitu dengan melapisinya menggunakan seat cover. Akan tetapi, Anda juga perlu memerhatikan perawatan pelapis jok itu agar kondisinya tetap terjaga.

Untuk membersihkan jok dengan kulit asli, beberapa alat yang perlu Anda siapkan adalah lap kain berbahan halus, plas chamois, kuas dengan bulu yang lembut, dan vacum cleaner (jika ada). Untuk bagian yang tidak terjangkau, Anda dapat menggunakan kuas ataupun vacum cleaner untuk membersihkan nya.

Pertama kali usap jok dengan menggunakan plas chamois yang sebagian telah dibasahi dan diperas. Kemudian semprotkan cairan pembersih ke jok mobil Anda, semprotkan satu per satu bagian jok mobil. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai sabun pembersih kering sebelum Anda mengelapnya. Lakukan hal ini berkala selama 3-4 bulan.

Untuk membersihkan jok mobil yang berbahan beludru, Anda perlu perhatian yang lebih dibandingkan dengan jenis bahan jok lainnya. Siapkan alat-alat seperti sikat yang berkuas halus, lap kain halus, cairan pembersih khusus bahan beludru, dan vacum cleaner (bila ada). Pertama kali bersihkan kotoran kotoran yang menempel pada jok dengan menggunakan kuas ataupun vacum cleaner.

Setelah itu semprot kan cairan pembersih ke bagian jok yang akan dibersihkan. Sikatlah dengan menggunakan sikat halus bagian jok yang telah di semprot kan dengan menggunakan cairan pembersih. Bila kotoran melekat dengan kuat, anda dapat melakukan hal ini berulang kali hingga bagian jok tersebut bersih. Setelah selesai, lap bersih permukaan jok dan keringkan.

2. Dashboard

Ilustrasi Membersihkan Dashboard Mobil
Ilustrasi Membersihkan Dashboard Mobil, Sumber : futuready.com

Dashboard merupakan bagian dalam mobil yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Sehingga bila tidak dilakukan perawatan dan pembersihan secara rutin akan menimbulkan keretakan dan warna dashboard yang memudar.

Cara memebersihkan dashboard sangatlah mudah, Anda hanya perlu membersihkan debu yang menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard yang akan dibersihkan dan lap dengan menggunakan kain.

Jangan menekan terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan-goresan kecil pada dashboard mobil Anda. Bersihkan pula debu yang ada pada bagian yang sulit di jangkau seperti pojok dashboard, blower penyejuk udara dan lainnya dengan menggunakan kuas.

Setelah semua bagian telah selesai dibersihkan, lap dengan menggunakan kain kering agar sabun atau cairan pembersih tidak meninggalkan bekas atau flek.  Untuk perawatan, Anda dapat mengoleskan cairan pelindung atau treatment protection yang berfungsi membuat dashboard Anda mengkilap dan menjaga kelembapannya.

Dashboard merupakan salah satu interior mobil yang paling mudah terlihat kusam dan kotor. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala termasuk servis speedometer. Pertama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan dashboard dengan kemoceng. Lalu di bagian yang sulit terjangkau seperti lipatan di pojok dashboard atau blower AC, gunakan kuas kecil untuk membersihkannya.

Setelah itu, gunakan air hangat atau cairan pembersih khusus dan gosok permukaan dashboard secara merata. Lap bagian yang basah dengan kain khusus hingga kering, kemudian, oleskan cairan anti UV untuk memberikan perlindungan dan membuatnya mengkilap.

3. Karpet

Karpet mobil merupakan aksesoris tambahan yang biasanya terdapat di lantai mobil. Bagian ini seringkali kotor karena berhadapan langsung dengan alas kaki Anda. Belum lagi jika terdapat tumpahan makanan dan minuman yang mengenai karpet mobil Anda.

Sebaiknya gunakan karpet yang berbahan dasar karet, jangan menggunakan karpet mobil berbahan dasar kain. Hal ini dikarenakan karpet yang terbuat dari kain lebih susah dibersihkan dan lebih mudah menyerap air sehingga dapat membuat lapisan mobil menjadi mudah berkarat.

Namun bila Anda terlanjur memilih jenis karpet mobil berbahan kain, Anda harus rutin merawatnya agar tidak menyebabkan lapisan mobil menjadi rusak.

Perlu Anda ketahui, pada bagian karpet biasanya terdapat berbagai jenis kotoran seperti tanah, pasir, dan lainnya yang terbawa oleh sepatu atau sandal. Namun jangan khawatir, karpet mobil biasanya dilapisi alas kaki yang terbuat dari bahan karet dan mudah dilepas atau dikeluarkan, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencucinya dengan sabun lalu disikat dan keringkan. Sedangkan untuk karpetnya yang tidak dapat dikeluarkan, bisa Anda bersihkan dengan menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu-debu yang ada.

Baca juga : Tips Mencegah Karat di Kolong Mobil

4. Plafon

Ilustrasi Plafon Mobil
Ilustrasi Plafon Mobil, Sumber : kompas.com

Plafon merupakan salah satu tempat bersarangnya kotoran dan debu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain yang tidak terlalu basah, lalu gosokkan. Setelah itu, lap plafon yang basah menggunakan kain kering yang bersih.

Cara membersihkan interior mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan plafon mobil. Plafon mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang perlu juga dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya Anda perlu sedikit berhati-hati agar plafon mobil Anda tidak menjadi kendur, sobek, ataupun rusak.

5. Pengharum Kabin

Setelah semua interior mobil bersih, Anda bisa menambahkan pengharum khusus mobil untuk menambah aroma menyegarkan di dalam sana. Pilihlah pengharum yang tidak memiliki aroma menyengat untuk menghindari efek pusing yang bisa mengganggu kenyamanan Anda.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai cara membersihkan interior mobil mulai dari jok, dashboard, plafon, hingga karpet lantai. Lakukan perawatan dan pembersihan ini secara rutin.

Selain dapat membuat tampilan interior Anda selalu bersih dan sehat, tentunya membersihkan interior mobil secara teratur akan membuat komponen-komponen di dalam mobil lebih awet dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.