Service mobil merupakan serangkaian perawatan mobil, baik untuk meningkatkan kinerjanya maupun untuk memperbaikinya. Service mobil biasa dilakukan di bengkel resmi maupun tidak resmi. Karena saat ini semakin banyak pertumbuhan kendaraan roda empat di Indonesia, bahkan penjualan mobil mencapai 1,5 juta unit di 2018. Maka kebutuhan service mobil pun kian meningkat.

Salah satu faktor utama kebutuhan service mobil adalah tidak sejalannya perbaikan fisik jalan raya dibanding pertumbuhan jumlah pengguna mobil. Hal ini menyebabkan mobil sering melewati jalan yang tidak baik kondisinya. Selain itu, kemacetan juga menyebabkan mesin mobil lebih lama panas.

Agar mobil tidak cepat rusak, mobil harus rutin di-service. Alasan mobil harus di-service adalah pemakaian kilometer tertentu yang menjadi syarat wajib service, memperlama umur pakai sesuai prediksi pabrik dan mencegah kerusakan mobil di jalan.

Pada artikel website jasa cat mobil Jogja FinnAutoExpress ini akan diulas cara menghemat biaya service mobil.

Cara Menghemat Biaya Service Mobil
Memakai part original menjadikan boaya service mobil hemat. Sumber Unsplash

Cara Menghemat Biaya Service Mobil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya service mobil. Anda bisa lebih hemat dalam menghabiskan biaya service jika menerapkan beberapa cara mudah berikut.

1. Menemukan Bengkel dan Teknisi Terpercaya

Saat Anda menemukan bengkel yang terpercaya, otomatis bengkel tersebut akan melayani secara jujur. Dengan artian, pemilik mobil tidak harus membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan. Hal ini sangat penting mengingat cukup banyak fenomena bengkel “nakal” yang sengaja menulis catatan spare part rusak atau perlu diganti, padahal faktanya tidak.

Jika Anda menemukan keanehan pada suatu bengkel, konsultasikan pada rekan yang mengerti tentang mesin mobil. Sehingga apabila pemilik bengkel melakukan penipuan, Anda bisa segera pindah bengkel. Memilih bengkel mobil di Jogja atau di berbagai kota lainnya harus hati-hati.

2. Bergabung Pada Forum dan Cari Rekomendasi

Rekomendasi dari pemilik mobil yang sejenis bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai hal. Memilih mobil, menentukan biaya dan segala urusan yang berkaitan dengan perawatan mobil sangat bisa dilakukan melalui forum. Anda juga bisa mencari orang-orang yang bersedia untuk membagi ilmu dan tips perawatan mobil sesuai spesifikasinya. 

Selain lebih terpercaya, testimoni juga bisa memberikan bukti foto hasil pengerjaan atau dokumen pendukung seperti sertifikat pelayanan dan standar service. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah karena banyak rekomendasi dan harga yang ditetapkan bisa dicek kembali secara terbuka. 

3. Mempertahankan Kondisi Eksterior

Ketika Anda telah mendapatkan mobil yang diinginkan, maka penting untuk menghindari goresan dan penyok karena pemakaian dan beberapa masalah pada body mobil lainnya. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengemudi dengan hati-hati dan tidak terburu-buru.

Jangan sampai Anda mengabaikan tampilan eksterior mobil, sebab hal ini bisa membebani sejumlah biaya tambahan yang tidak perlu dilakukan. Tidak hanya itu saja dampak buruknya, kondisi eksterior yang buruk juga akan menurunkan nilai pasar saat akan dijual kembali. Oleh karena itulah perawatan cat mobil harus diperhatikan.

4. Menggunakan Spare Part Asli

Meskipun lebih mahal, tetapi spare part asli akan bisa menjaga keawetan mobil secara lebih berkualitas. Pabrik pembuatnya menyusun spare part sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil sehingga lebih bisa “klik” dengan mesin mobil.

Pada umumnya, beberapa bengkel akan menawarkan kepada pelanggan apakah ingin memilih spare part original atau tidak. Pilihlah yang original agar Anda tidak perlu sering mengganti spare part setelah itu.

5. Mengganti Filter Udara

Selanjutnya, Anda juga perlu menjaga filter udara mobil tetap bersih. Filter udara yang terawat sangat berhubungan dengan mesin dan bisa meningkatkan efektivitas penggunaan bahan bakar. 

Anda bisa mengetahui kapan waktu mengganti filter udara, Anda bisa memeriksa buku manual pemilik kendaraan yang diberikan oleh dealer. Tidak sulit untuk mengganti filter udara, ditambah lagi dengan adanya potensi penghematan biaya perawatan secara keseluruhan.

6. Mengganti Oli Secara Berkala

Pemilik mobil sangat diharuskan untuk mengganti oli setiap beberapa kilometer penggunaan. Biasanya tersedia beberapa panduan manual yang menjelaskan kapan waktunya untuk mengganti oli.

Rutin mengganti oli adalah salah satu cara sederhana dan mudah dilakukan untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi terbaik. Hal yang terpenting dari itu semua adalah Anda bisa menghemat biaya perawatan dan perbaikan dalam jangka panjang.

7. Rutin Mengganti Ban Mobil

Terlalu sering menggunakan mobil di jalan raya bisa membuat ban menjadi aus. Penting untuk selalu mengganti ban mobil dari waktu ke waktu dan jangan sampai Anda membiarkannya menjadi usang dan membahayakan keselamatan. Selain ban merawat velg mobil juga penting.

Cara Menghemat Biaya Service Mobil
Keadaan eksterior harus juga dioerhatikan. Sumber Unsplash

Jadi, biaya service mobil pasti sangat diperlukan oleh para pemilik mobil, mengingat mobil yang selalu dipakai, maka mobil akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit, sebanding dengan usia mobil tersebut. 

Biaya untuk service mobil tidak bisa Anda hindarkan, melainkan bisa Anda siasati agar pengeluaran untuk biaya tersebut tidak besar. Lakukan cara mudah di atas agar keuangan keluarga Anda tetap sehat dan tidak mengganggu kebutuhan Anda.