Select Page

Apakah Anda pernah mengeluh terkait biaya servis mobil yang cenderung tinggi? Memang, terkadang, biaya service yang tinggi cukup menguras kantong dan menjadi halangan seseorang untuk melakukan perawatan mobil kesayangan. Padahal, sebenarnya, ada beberapa cara menghemat biaya service mobil yang bisa Anda terapkan.

Tentu saja, upaya menghemat biaya service mobil ini bukan lantas memilih spare-part abal-abal yang justru lebih rusak atau melakukan cara perbaikan lainnya yang membahayakan pengendara. Tetapi, beberapa tips yang tetap memberikan hasil terbaik dengan biaya servis yang lebih terjangkau.

Lantas, apa saja cara menghemat biaya service mobil yang bisa diaplikasikan guna menghemat biaya perawatan dan perbaikan mobil? Simak ulasannya!

Biaya Service Mobil, Sering Memicu Masalah Keuangan

Biaya service mobil yang mahal, Sumber: ymfcarparts.co.uk
Biaya service mobil yang mahal, Sumber: ymfcarparts.co.uk

Sebagaimana disinggung sebelumnya, biaya servis mobil yang cukup tinggi kerap menjadi penyebab pemilik kendaraan terkendala ketika ingin melakukan perawatan. Pengeluaran yang tak terduga dan dikeluarkan dalam jumlah cukup banyak terkadang menguras anggaran bulanan. Terlebih jika sebelumnya tidak ada anggaran khusus yang disediakan.

Memang, ada beberapa penyebab kenapa biaya servis mobil cenderung tinggi. Harga suku cadang yang terus meningkat menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, teknologi mobil yang terus berkembang dari waktu ke waktu juga memerlukan penanganan dengan alat dan skill khusus sehingga biaya yang perlu dikeluarkan pun akan meningkat.

Oleh karenanya, melakukan perencanaan keuangan yang lebih matang terutama untuk mempersiapkan perawatan mobil secara berkala menjadi hal yang sangat penting. Serta, tentu saja, Anda perlu mengetahui cara menghemat biaya service mobil untuk mengupayakan pengurangan biaya perawatan. 

Cara Menghemat Biaya Service Mobil yang Bisa Dicoba

Menghemat biaya service mobil, Sumber: checkatrade.com
Menghemat biaya service mobil, Sumber: checkatrade.com

Berbincang tentang cara menghemat biaya service mobil, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang berlebihan untuk perawatan dan perbaikan mobil. Tentu, seperti yang dibahas sebelumnya, solusi yang ditawarkan bukanlah menggunakan spare-part abal-abal yang jauh lebih murah. 

Adapun beberapa tips yang dimaksud di antaranya:

1. Menggunakan Suku Cadang Asli

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghemat biaya servis mobil adalah menggunakan suku cadang asli saat penggantian. Lho, bukankah harga suku cadang asli cenderung mahal dibandingkan dengan suku cadang imitasi?

Memang, secara harga, suku cadang asli cenderung lebih mahal daripada suku cadang imitasi. Namun, jika dilihat dari kualitas dan ketahanannya, suku cadang asli tentu lebih baik.

Alih-alih ingin berhemat dengan memilih suku cadang imitasi, Anda nantinya bisa saja cenderung lebih boros karena perlu melakukan penggantian dalam waktu yang lebih dekat. Sementara dengan suku cadang asli, Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lebih lama. 

2. Melakukan Perawatan Rutin

Tips lain terkait cara menghemat biaya service mobil adalah melakukan perawatan rutin. Ini adalah tips yang sebenarnya kerap dianggap sepele padahal merupakan cara yang sangat efektif dan membantu.

Beberapa pemilik kendaraan menganggap bahwa pemeriksaan rutin tidak perlu dilakukan karena kondisi mobil yang masih bagus. Di sisi lain mereka cenderung memilih pergi ke bengkel ketika mobil sudah rusak, termasuk adanya masalah pada body mobil.

Padahal, perlu diketahui bahwa perawatan rutin yang dilakukan justru bisa menghemat biaya servis mobil. Hal ini dikarenakan servis rutin mencegah dari kerusakan mobil yang lebih parah di mana Anda nantinya perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan.

3. Menggabungkan Beberapa Perbaikan

Menggabungkan beberapa perbaikan sekaligus juga merupakan cara menghemat biaya service mobil yang bisa Anda lakukan. Tips ini cukup efektif karena dengan menggabungkan beberapa perbaikan, maka Anda bisa menghemat kunjungan ke bengkel yang artinya biaya tenaga kerja bengkel pun akan lebih terjangkau.

Hanya saja, tentu, Anda tetap perlu memperhatikan jenis kerusakan atau masalah yang terjadi pada mobil. Apabila mobil Anda mengalami masalah yang cukup serius, maka sebaiknya Anda segera melakukan perbaikan tanpa perlu menunggu kerusakan lainnya.

Dengan beberapa cara menghemat biaya service mobil seperti di atas, Anda bisa mengatur pengeluaran dengan lebih mudah. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan promo dan diskon yang diberikan bengkel dan pastikan Anda mengetahui tips memilih bengkel mobil yang tepat untuk menemukan bengkel terpercaya.

Finn Auto Express, Solusi Service Mobil Berkualitas!

Perawatan mobil di Finn Auto Express, Sumber: moservice.id
Perawatan mobil di Finn Auto Express, Sumber: moservice.id

Memilih bengkel yang tepat untuk perawatan dan perbaikan mobil merupakan hal yang begitu krusial. Bukan hanya terkait biaya perbaikan yang lebih terjangkau, tetapi juga hasil perbaikan yang terjamin dan memuaskan.

Nah, untuk urusan perbaikan mobil, Anda bisa mempercayakannya pada Finn Auto Express. Dikenal sebagai penyedia jasa cat mobil Jogja terpercaya, kami juga siap melakukan perawatan dan perbaikan kerusakan mobil Anda dengan jaminan kepuasan dan harga terjangkau. Buktikan sendiri!