Select Page

Tampilan mobil saat sudah dipoles, tentu membuatnya terlihat lebih keren dan elegan. Namun, terkadang, kerap ditemukan kasus di mana cat mobil kusam meskipun sudah dipoles. Ini adalah masalah yang cukup mengganggu dan tentu saja akan membuat pemilik mobil merasa kesal. 

Melakukan pemolesan pada body mobil merupakan hal yang umumnya sering dilakukan. Tujuan dari dilakukan pemolesan adalah untuk membuat warna cat mobil dapat terlihat lebih cerah dan kinclong. Dengan tampilan seperti ini, pastinya membuat Anda menjadi lebih pede saat menggunakan mobil.

Terjadinya cat yang kusam dapat terjadi pada semua jenis mobil, walaupun sudah dilakukan pemolesan. Hal ini tentu harus bisa Anda cegah. Bagaimana cara pencegahannya? Simak ulasannya!

Penyebab Cat Mobil Kusam, Walaupun Sudah Dipoles

Parkir mobil di bawah sinar matahari secara langsung menyebabkan cat mobil kusam, Sumber: team-bhp.com
Parkir mobil di bawah sinar matahari secara langsung menyebabkan cat mobil kusam, Sumber: team-bhp.com

Setiap masalah pasti ada penyebab yang membuat hal tersebut dapat terjadi. Untuk cat mobil kusam ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut ini diantaranya:

  • Kurangnya melakukan perawatan secara teratur ketika sudah di poles
  • Sering memarkir mobil di tempat terbuka dan langsung terpapar sinar matahari
  • Parkiran di rumah yang kurang baik dalam menjaga kondisi kualitas cat mobil
  • Membiarkan debu dan kotoran menempel dalam waktu yang lama pada mobil
  • Teknik penggunaan cover mobil yang salah dan kurang tepat
  • Jarang melakukan pembersihan saat mobil terkena air hujan
  • Menggunakan jenis sabun yang salah saat mencuci atau membersihkan mobil
  • Tidak menggunakan cairan pelindung polesan (coating)

Masih banyak lagi penyebab lainnya yang mengembalikan cat pudar pada mobil. Namun, dari beberapa yang telah dijelaskan di atas, menjadi faktor penyebab yang sering kali dialami. Oleh karena itu, Anda jangan pernah menganggap bahwa setelah melakukan pemolesan mobil tak perlu dilakukan perawatan lagi. 

Walaupun sudah dilakukan pemolesan, mobil tetap harus dirawat secara berkala. Perbedaannya hanya pada jenis bahan dan teknik perawatan. Karena mobil yang sudah dilakukan pemolesan memiliki treatment yang sedikit berbeda. 

Jadi, pastikan Anda tidak salah dalam melakukan perawatan. Agar tampilan polesan mobil dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Cara Mudah Membuat Cat Mobil Kusam Terlihat Baru Kembali

Ketika cat mobil menjadi kusam ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilannya terlihat cerah kembali. Salah satu cara yang telah sering digunakan adalah melakukan pemolesan cat body mobil.

Tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua kondisi mobil dapat langsung begitu saja dilakukan pemolesan. Jadi, Anda bisa sesuaikan terlebih dahulu kondisi cat mobil dengan permasalahannya.

Nah, untuk menyesuaikannya, Anda bisa coba ikuti beberapa cara membuat cat mobil kusam terlihat baru kembali. Berikut ini beberapa caranya:

1. Membersihkan Mobil dari Berbagai Jenis Kotoran Menempel

Biasanya cat mobil terlihat kusam dikarenakan kotoran yang menempel. Coba Anda bersihkan secara maksimal seluruh bagian mobil. termasuk pada bagian komponen body kit bila Anda menggunakannya sebagai aksesoris tambahan.

Disarankan juga untuk membersihkan langsung pada salon mobil atau tempat pencucian mobil. Agar berbagai jenis kotoran yang menempel dapat dibersihkan secara menyeluruh.

Setelah dilakukan pembersihan dari kotoran yang menempel. Lihat perubahan yang terjadi, tentu tampilan cat mobil akan terlihat seperti baru kembali. Jadi, jangan langsung begitu saja mengklaim bahwa mobil perlu dilakukan pengecatan baru. Cara seperti ini bisa Anda lakukan bila kondisi cat mobil masih terlihat dalam kondisi yang bagus. 

2. Gunakan Wax atau Coating

Menggunakan coating pada permukaan mobil, Sumber: lirp.cdn-website.com
Menggunakan coating pada permukaan mobil, Sumber: lirp.cdn-website.com

Bila mobil telah dilakukan pembersihan dari kotoran yang menempel. Akan tetapi, tampilan catnya masih belum terlihat cerah dan mengkilap. Artinya Anda memerlukan lapisan tambahan. Anda bisa gunakan wax atau coating sebagai lapisan tambahannya. Jenis lapisan yang ampuh membuat tampilan mobil terlihat seperti baru kembali.

Tinggal Anda sesuaikan saja jenis lapisan antara wax atau coating yang cocok dengan cat mobil. Penggunaan wax atau coating bukan hanya untuk mengkilapkan cat mobil yang kusam. Tetapi, bahan yang terkandung di dalamnya juga dapat melindungi cat mobil.

3. Melakukan Perbaikan Bila Ada Karatan atau Goresan

Biasanya tampilan cat mobil juga dapat menjadi kusam dikarenakan adanya karatan atau goresan. Bila hal seperti ini terjadi pada mobil Anda, langkah awal adalah segera untuk melakukan perbaikan. Hampir di semua bengkel mobil yang memiliki layanan perbaikan lengkap dapat mengatasinya. Misalnya, seperti di bengkel Finn Auto Express.

Jadi, perbaikan karatan atau goresan pada body mobil biasanya hanya pada bagian yang mengalami kerusakan tersebut. Hasil perbaikan akan memberikan tampilan cat mobil yang sama dengan cat awal. 

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan dan wax atau coating setelah selesai perbaikan. Agar tampilan mobil dapat terlihat lebih cerah dan kinclong.

4. Melakukan Pengecatan Ulang

Pengecatan ulang biasanya dilakukan, bila kondisi mobil sudah tidak bisa menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Biasanya kondisi mobil yang harus melakukan pengecatan ulang dikarenakan cat lama pada mobil kualitasnya sudah tidak bagus.

Saat melakukan pengecatan ulang Anda pun bisa menyesuaikan warna yang diinginkan. Tetapi, alangkah baik warna cat mobil menyesuaikan kembali dengan surat kendaraan. Hal ini dimaksudkan, agar pada saat digunakan tidak melanggar dalam aturan berlalu lintas. Ketika mobil sudah dilakukan pengecatan ulang, tentu tampilannya akan seperti baru kembali.

5. Pemolesan Kembali Pada Mobil

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pemolesan kembali pada mobil. Biasanya cara seperti ini dilakukan pada mobil dengan kondisi cat yang masih bagus. Tetapi, perlu ada sedikit treatment agar tampilannya dapat terlihat lebih cerah dan kinclong.

Lakukan pemolesan pada semua bagian cat body mobil. Jangan hanya pada bagian cat yang terlihat kusam saja. Hal ini bertujuan agar tampilan mobil dapat terlihat lebih maksimal dan tidak ada kecerahan warna cat yang berbeda.

Itulah berbagai cara membuat cat mobil kusam dapat terlihat seperti baru kembali. Tinggal Anda sesuaikan saja cara mana yang sesuai dengan kondisi mobil. Dengan begitu, Anda tak perlu melakukan banyak cara untuk membuat cat mobil menjadi cerah dan kinclong.

Cari Jasa Poles Mobil Berpengalaman, Finn Auto Express Pilihannya!

Jasa poles mobil, Sumber: qoala.app
Jasa poles mobil, Sumber: qoala.app

Bila Anda ingin melakukan pemolesan pada cat body mobil. Sangat disarankan menggunakan jasa poles mobil yang profesional dan ahli dibidangnya. Hal ini dimaksudkan, agar pemolesan yang dilakukan dapat memberikan hasil memuaskan. Serta cat body mobil yang dipoles dapat bertahan lama.

Finn Auto Express bisa menjadi pilihan yang tepat. Kami akan memberikan jaminan hasil polesan mobil yang memuaskan. Tidak hanya menggunakan bahan yang berkualitas, seluruh pengerjaan pun dilakukan mereka yang profesional dan ahli dibidangnya. 

Jadi, Anda tak perlu ragu dan bingung lagi mencari bengkel mobil terpercaya. Serahkan saja semuanya pada kami, untuk membuat tampilan mobil Anda terlihat seperti baru kembali.

Tunggu apalagi? Langsung saja bawa mobil Anda di Finn Auto Express. Anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu perihal kondisi mobil. Kami juga senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal. Serta Anda juga bisa mendapatkan layanan poles mobil dengan harga terbaik!