Select Page

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat. Memiliki sebuah mobil pastinya sudah tidak asing lagi dengan goresan atau lecet ringan. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini ada suatu teknik pengecatan mobil yang kilat dengan hasil sangat maksimal. Yap, itulah cat oven mobil.

Mengenal Cat Oven Mobil

Apa itu cat oven mobil? cat oven mobil merupakan suatu teknik pengecatan mutakhir yang menggunakan indoor alias ruang tertutup untuk melangsungkan proses mengecat body mobil. Dengan menggunakan paint booth atau ruang tertutup ini menjadikan debu serta kotoran tidak dapat menodai cat sehingga hasil dari proses pengecatan ini sangat maksimal, mengkilap sempurna.

Dengan menggunakan cat oven setidaknya Anda dapat menghemat waktu. Pasalnya waktu pengeringan yang dibutuhkan hanya berkisar setengah jam atau 30 menit. Karena pengeringan berada di dalam ruangan, maka teknik cat oven menggunakan suhu yang telah diatur sedemikian rupa, sekitar 60-80 derajat celcius.

Apakah Cat oven mobil menjadi pilihan tepat untuk mobil Anda. Sumber: lifepal.com
Cat oven mobil menjadi pilihan tepat untuk mobil Anda. Sumber: lifepal.com

Suhu dalam ruangan harus selalu terjaga pada 60-80 derajat celcius, atau nantinya akan menjadikan pernis juga catnya menjadi meleleh. Hal ini menyebabkan permukaan cat bodi tak dapat kering secara sempurna. Bila hal ini terlanjur terjadi, maka mobil dapat diletakkan di tempat terbuka sehingga dapat kering tersebab sinar matahari.

Harga Cat Oven Mobil Full Body

Biaya merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak memilih mengkilapkan mobil menggunakan cat satu ini. Pastikan budget yang Anda miliki mencukupi untuk melakukan cat oven mobil. Karena teknik cat satu ini menghasilkan mobil Anda seperti baru namun dengan durasi singkat maka agaknya wajar bila harga yang dirogoh sedikit lebih mahal.

Adapun harga cat oven mobil full body dibanderol mulai Rp 7 juta sampai dengan Rp 12 juta, disesuaikan dengan ukuran mobil yang hendak Anda cat. Mobil sekelas Ayla, Brio beserta mobil-mobil yang berukuran mungil lainnya dipatok sekitar Rp 7 jutaan. Adapun mobil sekelas Alphard, Pajero dan kawan-kawannya harganya dapat menembus Rp 12 jutaan.

Perlu untuk Anda perhatikan, biaya cat ini dapat berubah sesuai dengan kondisi cat mobil yang hendak Anda cat. Apabila Anda hendak mengecat sebuah mobil dengan kondisi cat yang sudah memprihatinkan seperti sudah banyak yang mengelupas, lecet, tidak bagus dan kasar maka bisa dipastikan biaya yang Anda keluarkan akan membengkak.

Harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas. Sumber:  moladin.com
Harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas. Sumber: moladin.com

Harga Cat Oven Mobil Per Panel

Anda dapat juga mengecat mobil per panel tersebab kerusakan mobil yang tidak seberapa. Dengan begitu maka pekerjaan akan difokuskan pada panel yang benar-benar rusak. Cat mobil per panel menghasilkan tampilan mobil seperti baru sedia kala dengan merogoh biaya yang tidak seberapa.

Biasanya konsumen ialah seorang yang memiliki kendaraan rusak yang diakibatkan oleh kecelakaan. Biasanya kecelakaan yang terjadi dikarenakan keserempet, yang memunculkan goresan yang ada pada bagian pintu dan bumper. Adapun biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengecat per panel sangat beragam, disesuaikan dengan luas panel yang hendak digarap juga jenis pekerjaan yang ada.

Secara umum harga cat oven mobil per panel berkisar Rp 700.000,- sampai dengan Rp 1.800.000,- untuk setiap satu panelnya, sesuai dengan jenis mobil dan luas panel yang ada. Berbeda jenis mobil maka berbeda pula harganya. Misalnya saja kendaraan kecil seperti Honda Jazz memerlukan biaya Rp 700 ribu, maka Avanza yang lebih besar perlu Rp 800 ribu.

Perbedaan Cat Oven dengan Cat Biasa

Secara umum ada dua cara mengecat mobil agar terlihat baru dan mengkilap, yakni dengan cat biasa menggunakan sinar matahari dan berikutnya dengan cat oven yang menitikberatkan pada ruangan tertutup dengan suhu tertentu. Tentunya kedua jenis metode cat ini memiliki perbedaan. Berikut beda cat oven dan biasa yang dapat diketahui:

Pertama, perbedaan mendasar antara cat oven dan biasa ada pada prosesnya. Pada cat oven proses mengecat dibantu menggunakan sebuah mesin pemanas mutakhir bertenaga listrik. Tidak heran hasil catnya sangat rapi, bersih, halus dan tidak terlihat sedikitpun ada debu yang menempel.

Beda cat oven dan cat biasa. Sumber: shutterstock.com
Beda cat oven dan cat biasa. Sumber: shutterstock.com

Berbeda dengan cat biasa yang mengandalkan sinar matahari dan terletak di tempat terbuka sehingga sangat mudah tertempel debu serta kotoran yang beterbangan. Disisi lain karena proses pengeringan bergantung pada sinar matahari maka durasi kering cat ini sangat dipengaruhi oleh terik tidaknya panas matahari yang ada.

Perbedaan kedua ada pada bahan yang digunakan. Cat oven menggunakan cat jenis Poly Urethane yang sudah terkenal dari segi kualitasnya, sehingga wajar apabila hasil dari cat oven sangat cerah dan berkilau. Tentu hal ini tidak dapat dibandingkan dengan cat biasa.

Perbedaan yang terakhir ialah ada pada harganya. Dari pemaparan poin-poin diatas sudah dapat dipastikan bahwa kedua jenis cat ini memiliki perbedaan jenis serta kualitas yang cukup signifikan. Dari hal itu dapat dipastikan bahwa harga cat oven yang memiliki hasil lebih bagus mempunyai harga yang lebih mahal dari cat biasa, hingga capai dua kali lipat.

Itulah sedikit pengenalan tentang cat oven mobil. Bagi Anda yang sedang mencari jasa pengecatan oven mobil, tak perlu jauh-jauh datang ke berbagai macam servis mobil serta bengkel cat mobil jogja, Finn Autoexpress menyediakan layanan berkualitas ini hanya untuk Anda. Tunggu apalagi, segera pesan layanan kami.

Dengan pengerjaan yang memuaskan, bisa dipastikan membuat Anda para konsumen merasa puas dan ingin datang lagi. Tak percaya? Silakan mencoba!