Ban mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada kendaraan. Mudah saja, tidak mungkin kendaraan dapat bergerak jika bukan karena salah satunya ban mobil. Namun, tersedia berbagai jenis ban mobil yang ternyata perlu disesuaikan karena memiliki perbedaan pada penggunaannya.

Meskipun merupakan bagian yang penting pada kendaraan, masih banyak orang yang tidak begitu memperhatikan seputar ban mobil ini. Paling hanya sekedar memastikan tekanan ban cukup untuk dipakai. Padahal, diperlukan berbagai informasi seputar komponen kendaraan ini seperti informasi seputar jenis ban mobil.

Jenis Ban Mobil

Mengetahui jenis ban mobil tidak kalah pentingnya bagi para pemilik kendaraan. Berbagai jenis ban ini memiliki perbedaan pada fungsinya. Lantas, apa saja jenis ban yang digunakan pada kendaraan mobil serta perbedaannya? Simak ulasan yang dikutip dari Daihatsu berikut ini.

Ban Tubless, sumber Blogotive
Ban Tubless, sumber Blogotive

1. Ban Tubeless

Bagi Anda yang tertarik dalam bidang otomotif, tentunya sudah tidak asing mendengar jenis roda bernama ban tubeless. Jenis roda satu ini sudah banyak disematkan pada mobil canggih jaman sekarang, karena ban satu ini diklaim memiliki ketahanan udara sehingga tidak mudah kempes bahkan tanpa dilengkapi ban dalam sekalipun.

Daya tahannya dari adanya cairan anti bocor yang ditambahkan saat roda pertama kali disematkan pada kendaraan. Cairan inilah yang membuatnya tidak mudah mengalami kebocoran udara layaknya jenis roda pada umumnya. Bahkan ketika ban secara tidak sengaja tertusuk paku maupun kerikil, roda penggeraknya tidak akan kempes seketika.

2. Ban Bias

Ban bias tidak kalah populer digunakan sebagai salah satu jenis ban mobil jaman sekarang. Ban satu ini terpilih menjadi salah satu jenis roda penggerak terbaik, karena terbuat dari berlembar lembar cord yang umumnya digunakan pada rangka ban itu sendiri. Ketika badan ban tersentuh ke aspal jalanan, secara otomatis panasnya akan tersentral ke bagian tengah.

Ban Bias, sumber Car Review Indonesia
Ban Bias, sumber Car Review Indonesia

3. Ban Radial

Ban radikal adalah salah satu jenis roda yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari hari. Pasalnya roda satu ini terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. Umumnya ban satu ini banyak disematkan pada kendaraan yang membawa penumpang ataupun pada truk bermuatan ringan.

4. Ban RFT (Run Flat Tyre)

Ban mendadak terasa kempes di tengah perjalanan ? Kondisi tersebut tidak akan meresahkan ketika kendaraan menggunakan jenis ban mobil RFT. Bahkan dengan ban satu ini, kendaraan dapat melesat pada angka kecepatan tertentu meski tidak ada angin di dalam bannya. Sebab ban satu ini diklaim mampu melaju dalam tekanan 0 hingga 80 km dengan kecepatan mencapai 80 km/jam.

Tentu saja keunggulan tersebut tidak dimiliki oleh ban konvensional yang dua kali mudah tercabik ketika pengemudi melanjutkan perjalanan meski mengetahui ban kendaraan kempes. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda harus rela mengeluarkan dana sedikit lebih banyak, mengingat daya tahan bannya yang begitu tinggi.

Ban Radial, sumber Otosia
Ban Radial, sumber Otosia

5. All Terrain

Apakah Anda ingin membawa si kendaraan kesayangan melaju di medan yang terdapat kubangan air atau cenderung lembab? Tidak perlu khawatir ban akan rusak, karena Anda bisa mengandalkan jenis ban mobil all terrain sebagai solusinya. Sebab tekstur ban didesain khusus agar tahan dalam melaju di medan yang dipenuhi kerikil, tanah, atau bahkan berair.

Tips Memilih Ban Mobil

Dari berbagai jenis ban mobil yang tersedia, bagaimana Anda menentukan ban yang cocok untuk mobil Anda? Jika masih bingung, Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips memilih ban yang mudah untuk Anda ikuti.

1. Pilihlah Ban Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan

Sesuaikanlah ban mobil anda sesuai dengan kondisi jalan dan lingkungan yang akan anda tempuh. Ada banyak tipe yang bisa anda pilih dan gunakan untuk menyesuaikan medan jalan yang perlu mobil anda lewati. Tentu saja ada tipe tersendiri jika anda sedang liburan dan akses yang harus anda lewati memiliki medan yang berbatuan atau berlumpur. Yang tipe tersebut tidak bisa anda gunakan untuk melewati jalanan aspal di perkotaan ya, jadi anda harus mengganti bannya terlebih dahulu dan kenali medan jalannya sebelum memulai liburan.

2. Pilihlah Ban Sesuai Dengan Tipe Mobil

Maksudnya adalah setiap mobil memiliki tipe dan ukuran ban tertentu tergantung dengan jenis mobilnya. Jadi seperti yang sebelumnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan seperti kondisi jalan, namun juga disesuaikan dengan tipe bawaan dari mobil anda tersebut ya. Jika memang mobil anda tidak bisa diberikan tipe yang lainnya maka jangan memaksakannya. Biasanya di bagian tertentu mobil seperti di dekat tangki bensi atau yang lainnya sesuai dengan jenis mobilnya akan tercantum kode untuk ban mobil anda.

Ban RFT, sumber Sriwijaya Post
Ban RFT, sumber Sriwijaya Post

Sesuaikanlah ban mobil anda sesuai dengan rekomendasi dari pabrikannya. Ada beberapa kode yang dapat anda temukan di tipe ban mobil tersebut yang menyatakan bahwa mobil anda adalah jenis yang desain untuk membawa muatan barang atau muatan orang atau bisa juga bahwa ban tersebut merupakan ban serep yang tidak dapat anda gunakan secara terus menerus.

3. Pilihlah Ukuran Ban Yang Sesuai

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa setiap jenis mobil memiliki tipe dan ukurannya tersendiri pada bagian bannya, maka anda tidak dapat sembarangan memilih ban tanpa mengetahui ukuran yang sesuai dengan mobil anda. Ada kode-kode yang perlu anda ketahui maknanya, dan biasanya sudah terukir dibagian permukaan samping ban. Contohnya saja ada kode 195/65 R15 91 H.

Kunjungi Toko Mebel Jogja

Maksudnya adalah angka 195 itu menunjukkan berapa lebar telapak ban dalam satuan mm. Kemudian angka 65 itu aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya. Lalu angka 15 adalah informasi diameter velg dalam satuan inci dan angka 91 menunjukkan indeks beban maksimum. Untuk huruf H merupakan kode yang menunjukkan batas kecepatan maksimum, Karena pada setiap ban memiliki kode yang berbeda-beda.

4. Pilihlah Motif dan Desain Yang Sesuai

Menggunakan desain serta motif yang sesuai dengan keadaan jalan merupakan hal yang penting untuk keselamatan loh. Mengapa demikian? Karena desain dan motif yang tepat dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Sehingga, dapat mengurangi risiko terpeleset atau tergelincir di jalan. Nah untuk anda yang sering melewati jalanan yang basah pada daerah tertentu yang memiliki curah hujan cukup tinggi, maka disarankan menggunakan pola desain V yang memiliki daya gesek tinggi.

5. Sesuaikan Ketebalannya

Pilihlah mobil yang tebal, karena di saat anda memilih ban mobil yang tebal, dengan otomatis keseimbangan dari kendaraan anda begitu juga dengan performanya akan meningkat. Beda halnya jika anda memilih ketebalan ban yang tergolong tipis maka dapat menurunkan keseimbangan serta performa mobil anda. Walaupun tidak dipungkiri dari segi harga memiliki harga yang lebih tinggi, namun sesuai dengan kelebihan yang diberikannya.

Ban All Terain, sumber Momobil
Ban All Terain, sumber Momobil

6. Cek Tahun Pembuatan Ban

Mengecek tahun pembuatan ban mobil juga perlu anda lakukan saat memilih ban yang tepat ya. Pilihlah ban mobil yang tahun pembuatannya tergolong masih baru, karena agar tetap terjaga kualitasnya. Walaupun ban tersebut masih baru dan belum pernah digunakan namun jika tahun pembuatannya sudah lama, tetap saja akan mempengaruhi kualitas dari ban tersebut. Untuk kode pembuatan akan tertera di sekitaran ban dan biasanya terdiri dari 4 angka.

Itu dia berbagai jenis ban mobil yang biasa digunakan beserta informasi seputar perbedaannya. Selain itu, tersedia pula informasi tentang tips memilih jenis ban mobil yang cocok untuk kendaraan Anda. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.