Jenis Body Mobil – Banyak orang merasa kebingungan saat ingin membeli mobil. Hal yang biasanya membuat bingung adalah harga dan promosi yang ditawarkan di setiap pameran mobil cukup menggiurkan. Namun, sebelum Anda memutuskan membeli mobil dengan alasan penawaran dari berbagai merek mobil tersebut ada baiknya Anda mengetahui hal yang paling fundamental dalam memilih mobil.

Hal tersebut adalah jenis bodi mobilnya. Jenis bodi mobil penting untuk Anda ketahui saat awal-awal memilih kendaraan. Jenis body mobil cukup mempengaruhi dan menentukan fungsionalitas, daya angkut, dan kebutuhan apa yang dapat dipenuhi dengan mobil tersebut.

Jenis body mobil juga mempengaruhi bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya. Adapun beragam bahan yang dikenal aluminium, baja, plastik, stainless, dan lainnya. Stainless sendiri biasanya digunakan sebagai bahan knalpot mobil. Selain itu, penggunaan stainless saat ini bahkan sampai bisa digunakan sebagai keranda jenazah juga.

Jenis Body Mobil

Ilustrasi Jenis Body Mobil
Ilustrasi Jenis Body Mobil, Sumber : kompas.com

Berikut ini beberapa jenis bodi mobil yang yang ada di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1. Sport Utility Vehicle

Sesuai namanya, ada kata kunci yaitu Sport yang berarti jenis mobil ini memiliki ketangguhan yang lebih dibanding dengan jenis mobil lainnya. Oleh karena itu, meskipun terdapat kata kunci Sport bukan berarti mobil ini memiliki tugas utama sebagai mobil sport untuk dipacu kencang dalam balapan.

Ketangguhan sendiri bisa diaplikasikan dalam daya jelajahnya yang lebih mumpuni berkat ground clearance ataupun skema penggerak 4×4. Jika Anda mengenal mobil Jeep, yang dulu akhirnya dikenal sebagai jenis mobil Jeep, nah kurang lebih SUV adalah turunan dari jenis mobil ini.

Dulunya SUV dikenal sebagai kendaraan bertubuh besar dengan tampilan yang sangar. Kini seiring berjalannya waktu dan adanya perkembangan dari produsen SUV tampil lebih humanis dan memiliki beragam dimensi seperti Big SUV, Medium SUV, Compact SUV, Mini SUV hingga Crossover.

Beberapa tipe mobil yang memiliki jenis bodi mobil SUV diantaranya adalah Mitsubishi Pajero, Toyota Land Cruiser, Range Rover. Sedangkan tipe mobil dengan jenis bodi mobil SUV yang hanya menggunakan Ground Clearance sebagai andalannya adalah Kia Sportage, Hyundai Tucson, Toyota Rush, dan lainnya.

2. Sedan

Ilustrasi Jenis Mobil Sedan
Ilustrasi Jenis Mobil Sedan, Sumber : priceprice.com

Jenis mobil sedan adalah sebuah jawaban bagi pembeli mobil yang membutuhkan mobilitas tinggi dalam kesehariannya tanpa membutuhkan daya angkut penumpang terlalu banyak. Pada umumnya kapasitas sebuah mobil sedan adalah 5 orang dengan 4 pintu penumpang. Jenis mobil sedan memiliki ciri khas tersendiri yakni mobil dengan tiga pilar utama A-B-C.

Tak hanya itu, lokasi mesin, ruang kabin dan bagasi yang terpisah juga syarat sebuah sedan. Beberapa merek mobil dengan jenis mobil sedan yang ada di Indonesia diantaranya adalah Suzuki Ciaz, Honda City, Kia Optima, Mercedes-Benz C-E-S Class, BMW 3-5-7.

3. Hatchback

Berbeda dengan wagon atau estate yangbagian buntutnya dibesarkan menjadi kabin, mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback justru memangkas bagian bagasi belakang sehingga ruang bagasi yang terdapat pada model mobil ini pasti tak seluas sedan.

Setiap mobil pasti mempunyai keunggulannya masing-masing, termasuk mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback yang memiliki keunggulan pada kekompakan dimensinya yang menjadi lebih ringkas. Bahkan hingga membuat mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback ini juga jadi lebih terjangkau karena regulasi. Bahkan di Eropa saat ini mobil dengan model Hatchback termasuk mobil paling laris.

Kapasitas angkut mobil dengan jenis bodi mobil Hatchback berkisar antara 4-5 orang. Pada mobil dengan model Hatchback ini pabrikan berlomba-lomba memproduksi mesin paling efisien dan ruang paling lapang untuk dapat memenuhi kebutuhan penumpangnya.

4. Coupe

Mobil dengan jenis bodi mobil ini agak mirip dengan sedan, yang membedakan adalah jumlah pintunya yang hanya dua. Mobil dengan model Coupe memang hadir untuk mengakomodir minat masyarakat yang kegiatannya tak membutuhkan banyak ruang untuk penumpang. Apalagi yang sehari-hari hanya menggunakan mobil berdua atau bahkan sendirian. 

Ternyata tidak semua mobil dengan model Coupe berkapasitas hanya dua orang penumpang. Beberapa model dari mobil dengan model ini juga menyajikan ruang kabin untuk 5 penumpang, misalnya BMW 4-Series Coupe, Mercedez Benz E-Class Coupe. Hal ini membuat nilai lebih yang diberikan pabrikan agar kebutuhan pemilik yang beragam bisa diakomodir. Seiring perkembangannya, nama Coupe pun turut digunakan oleh mobil berpintu 4 seperti yang diaplikasikan BMW pada 4 dan 6-series Gran Coupe.

5. Pick Up

Ilustrasi Jenis Mobil Pick Up
Ilustrasi Jenis Mobil Pick Up, Sumber : carmudi.com

Berbeda dengan beberapa jenis bodi mobil yang disebutkan di atas, jenis bodi mobil pick up  lebih mengedepankan daya angkut barang yang tinggi ketimbang kenyamanan penumpang. Keberadaan bak terbuka di bagian belakang membuat daya angkut menjadi lebih luas. Pada mobil dengan jenis bodi mobil pick up, Anda bisa mengangkut barang apapun pada bagian bak terbuka yang terdapat pada bagian belakang mobil.

Dalam aplikasinya, pick up terbagi dalam beberapa jenis yaitu Single Cabin, Double Cabin maupun Extra Cabin. Perbedaan yang terdapat pada ketiga jenis jenis pick up ini adalah adanya ruang kabin yang hanya terdiri dari satu baris bangku (single cabin), dua baris (double cabin), maupun satu plus tambahan ruang ekstra di belakang (extra cabin).

Beberapa mobil dengan jenis bodi mobil pick up yang ada di Indonesia antara lain Daihatsu Himax, Nissan Navara, Mitsubishi Triton, Suzuki Carry Pickup. Pada beberapa jenis pick up, bahkan ada yang dilengkapi penggerak roda 4 untuk mengakomodir kebutuhannya.

Demikianlah beberapa jenis body mobil yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil. Pada dasarnya, pemilihan mobil yang hendak dibeli kembali lagi jatuh pada kebutuhan Anda, apakah Anda lebih fokus pada kapasitas penumpang atau lebih fokus pada faktor estetika eksterior dan interior mobilnya.

Namun, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah apapun jenis mobil yang akan beli jangan lupa untuk selalu merawatnya baik perawatan dalam hal mesin, kebersihan interior, maupun eksteriornya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.