Jenis goresan mobil yang tampak pada eksterior mobil tentunya akan mengganggu kemewahan sebuah mobil. Terlebih lagi jika mobil sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Sudah menjadi suatu kewajaran setiap pemilik mobil mendambakan kondisi eksterior yang mengkilap dan mulus. Sehingga berbagai upaya dilakukan agar tampilan eksterior mobil tetap terlihat mulus dan kinclong.

Namun, sekuat apapun pemilik mobil menjaga kondisi eksterior mobil agar selalu dalam kondisi mulus tetap saja hal-hal tak terduga yang menyebabkan goresan pada mobil dapat terjadi. Goresan pada eksterior mobil dapat terjadi karena banyak hal, mulai dari kecelakaan ringan, menyerempet suatu benda, hingga ulah tangan usil manusia.

Ketika pada eksterior mobil Anda terdapat goresan, maka mau tidak mau Anda harus memperbaiki lapisan yang terkena goresan tersebut. Namun sebelum memperbaikinya Anda perlu untuk mengetahui bahwa mobil memiliki empat lapisan, yaitu lapisan clear coat (bening), base coat (warna), primer, dan baja.

Dengan mengetahui lapisan-lapisan yang ada pada interior mobil tentu dapat membantu Anda dengan mudah untuk mengetahui goresan terletak pada lapisan mana. Hal ini akan sangat penting karena menjadi bahan pertimbangan apakah mobil akan masuk ke salon mobil ataukah tidak.

Untuk itu, sebelum menentukan apakah jenis goresan mobil yang tampak harus dibawa ke salon mobil ataukah tidak, sangat disarankan untuk Anda mengetahui terlebih dahulu jenis goresan apa yang sedang dihadapi.

Jenis Goresan Mobil

Menurut lapisan cat mobil dan berbagai karakteristik lainnya, goresan pada mobil dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa jenis goresan mobil yang sering diketahui.

Goresan Baret Halus, sumber : Waspada Online
Goresan Baret Halus, sumber : Waspada Online

1. Baret Halus

Baret halus atau tipis merupakan goresan yang paling sering terjadi pada permukaan cat mobil. Pada jenis ini, biasanya tidak terlalu merusak cat mobil sebab goresannya cukup kecil hampir tidak terlihat dan cukup mudah untuk dihilangkan.

Baret jenis ini biasanya dapat terjadi dikarenakan adanya kontak antara cat mobil dengan berbagai benda, bahkan lap yang kotor pun dapat menimbulkan goresan jenis ini. Baret ini juga tidak terlalu terlihat karena tidak dalam dan dapat dengan mudah dihilangkan dengan dipoles menggunakan tangan saja.

Untuk menghilangkan goresan ini cukup dengan menggunakan bahan poles mobil ( wax, kompon, atau scratch remover) biasa yang banyak dijual dipasaran. Lalu dioleskan pada kain bertekstur lembut ( kain microfiber ) secara perlahan sampai baret-baret halus tersebut hilang. Sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish agar permukaan mobil kembali mengkilap dan kinclong.

2. Baret Sedang

Jenis goresan pada mobil berikutnya adalah Baret Ringan. Baret Ringan ditandai dengan adanya goresan pada lapisan base coat atau lapisan cat pada body mobil. Jika saat ini Anda menghadapi kondisi tersebut, maka ada dua opsi.

Pertama, jika kondisinya tidak begitu parah semisal goresan telah menembus lapisan clear coat dan mengenai cat mobil namun warna cat masih terlihat bagus maka tidak perlu untuk melakukan perbaikan. Opsi lainnya, jika kondisinya lebih parah bisa memperbaikinya dengan melakukan Touch-Up Paint.

Karena sudah mengenai lapisan cat, goresan jenis ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya namun dengan teknik pemolesan yang baik menggunakan mesin poles, baret jenis ini dapat disamarkan sehingga nyaris tidak terlihat.

3. Baret Dalam

Jika terlihat lapisan warna putih atau abu-abu di bawah lapisan cat mobil maka dapat dipastikan bahwa baret tersebut telah mencapai lapisan primer. Baret yang satu ini tidak dapat dihilangkan, namun hanya dapat dibuat tidak terlalu terlihat. Nah untuk itu, pada posisi goresan ini Anda disarankan untuk membawa mobil ke bengkel atau salon mobil terdekat.

Goresan Baret pada Mobil, sumber : CarBrain
Goresan Baret pada Mobil, sumber : CarBrain

Namun, sebelum memasukan mobil ke bengkel atau salon mobil Anda bisa terlebih dahulu mengamplas bodi mobil berkali-kali sampai sedikit memudar berkas goresannya. Lalu, semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan thinner berkualitas.

4. Baret Parah

Jenis goresan mobil lainnya adalah ketika goresan sudah mencapai lapisan body mobil. Goresan pada jenis kategori baret sudah dibilang sangat parah. Baret pada jenis ini dapat merusak susunan cat pada bodi mobil yang dapat dilihat secara jelas.

Goresan dengan tingkat kedalaman ini akan memperlihatkan warna mengkilap logam dari moby mobil yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan menimbulkan karatan. Maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan pengecatan ulang. Jenis baret ini biasanya terjadi karena kecelakaan berat atau menyerempet kendaraan lainnya.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk mengenali kondisi body mobil. Sehingga dapat dengan mudah berkonsultasi dengan bengkel cat mobil untuk memperbaiki jenis kerusakan yang ada. Simak berbagai informasi lainnya di finnautoexpress.com terkait tips menghilangkan goresan mobil.