Select Page

Kaca mobil macet menjadi salah satu masalah yang kerap kali dialami. Masalah ini tentu akan sangat mengganggu kenyaman saat berkendara. Walaupun, tidak memberikan dampak yang berarti pada performa mobil.

Seperti diketahui, kenyamanan berkendara menjadi hal krusial. Selain menjaga fokus, juga mencegah dari insiden kecelakaan yang tidak diinginkan. Itulah kenapa masalah kaca mobil macet perlu segera diatasi. Terlebih, ada kondisi dimana kaca mobil harus dibuka dan ditutup. Misalnya, pada saat pembayaran masuk gerbang tol dan saat kondisi hujan.

Lantas, hal apa saja yang membuat kaca mobil macet dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ulasannya!

Penyebab yang Membuat Kaca Mobil Macet

Penyebab kaca mobil macet, Sumber: liputan6.com
Penyebab kaca mobil macet, Sumber: liputan6.com

Setiap masalah pasti ada penyebabnya. Begitu juga dengan masalah kaca mobil macet. Masalah seperti ini tentunya bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, semua pengendara mobil pasti pernah mengalami kondisi dimana kaca mobil tidak bisa dinaikan atau diturunkan.

Lalu, apa penyebab yang membuat kaca mobil menjadi macet? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Terjadinya kerusakan pada sistem power window sehingga tidak dapat berfungsi.
  • Terlepasnya dudukan motor penggerak kaca atau regulator. Terkadang membuat kaca mobil turun sendiri.
  • Adanya korsleting arus listrik pada power window.
  • Pada bagian body kaca mobil terdapat debu atau kotoran yang menumpuk, sehingga menghambat gerakan naik dan turun.        
  • Jarang melakukan perawatan kaca mobil secara keseluruhan. 

Kurang lebih itulah penyebab yang membuat kaca mobil macet. Dari beberapa penyebab di atas, tentu ada salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Kesalahan tersebut adalah jarang melakukan perawatan pada kaca mobil. Oleh karenanya, selalu perhatikan jadwal perawatan mobil, tidak hanya performa mesin, tetapi juga kaca mobil.

Risiko Bila Kaca Mobil Macet tidak Segera Diatasi

Ketika mengalami masalah kaca mobil macet, alangkah baiknya untuk segera melakukan perbaikan. Terlebih, bagi yang menggunakan mobil sebagai kendaraan utama untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Hal ini tentunya dimaksudkan untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya, seperti hilangnya fokus pada saat berkendara sehingga bisa menyebabkan insiden kecelakaan.

Oleh karena itu, saat kaca mobil mengalami masalah macet, segera untuk melakukan perbaikan. Hindari menunda-nunda perbaikan, karena kenyamanan saat berkendara menjadi prioritas utama. Dengan begitu, berkendara menggunakan mobil dapat terasa lebih nyaman dan aman.

Cara Mudah Mengatasi Kaca Mobil Macet

Cara memperbaiki kaca mobil yang macet, Sumber: okezone.com
Cara memperbaiki kaca mobil yang macet, Sumber: okezone.com

Terjadi masalah macet pada kaca mobil dapat diatasi atau diperbaiki. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kaca mobil normal kembali. Oleh karenanya, sebagai pengendara mobil harus tahu cara tersebut. Agar, pada saat mengalami masalah macet pada kaca mobil, dapat segera untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kaca mobil macet yang dimaksud:

1. Memeriksa Komponen Power Window

Komponen power window memiliki peran sebagai motor penggerak kaca mobil. Gerakan naik dan turun dikontrol menggunakan komponen ini. Jadi, bila ada masalah macet, bisa dipastikan juga ada kerusakan pada power window.

Untuk memastikan penyebab kaca mobil macet dikarenakan power window, coba untuk menekan tombol kontrol. Bila setelah ditekan kondisi kaca mobil masih tetap sama, maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan pada komponen power window

2. Periksa Koneksi Listrik Power Window

Kaca mobil macet juga biasanya disebabkan oleh koneksi listrik power window yang terputus. Masalah seperti ini dapat terjadi bila mobil banyak melakukan modifikasi. Terutama pada sistem mobil, salah satu contohnya seperti modifikasi campervan.

Untuk mengatasi koneksi listrik power window yang terputus, bisa dengan cara menyambungkannya kembali. Akan tetapi, bila kabel listrik mengalami kerusakan, maka bisa menggantinya dengan yang baru.

3. Membersihkan Karet dan Rel Kaca Mobil

Tidak semua penyebab kaca mobil menjadi macet dikarenakan power window yang bermasalah. Akan tetapi, ada penyebab lainnya yang juga sering dialami oleh para pengendara mobil, yaitu adanya kotoran atau debu yang menumpuk.

Penumpukan debu dan kotoran membuat karet dan rel kaca mobil tidak dapat berfungsi secara normal. Akibatnya, kaca pada mobil dapat mengalami masalah macet. Untuk mengatasinya hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan karet dan rel kaca mobil.

4. Memberikan Pelumas Pada Rel Kaca Mobil

Kaca mobil bermasalah juga bisa dikarenakan adanya hambatan pada rel kaca mobil. Bukan karena kotoran, akan tetapi dikarenakan kurangnya pelumas sehingga bagian rel kaca mobil mudah mengalami karat.

Adanya karat tentu membuat gesekan rel pada kaca mobil menjadi tersendak. Untuk mengatasinya, bisa dengan memberikan pelumas pada rel kaca mobil. Jenis pelumas yang bisa digunakan seperti oli bersih dan sejenisnya.

5. Melakukan Penyemprotan dengan Angin Bertekanan atau Silicon Spray

Kurangnya perawatan pada kaca mobil juga bisa membuat penumpukan debu dan kotoran yang membandel. Kondisi seperti ini tentunya tidak bisa dibersihkan menggunakan cara biasa. Oleh karenanya, penyemprotan dengan angin bertekanan atau silicon spray menjadi opsinya.

Jadi, bila kaca mobil macet dikarenakan penumpukan debu dan kotoran yang membandel, cara untuk mengatasinya bisa dengan angin bertekanan dan silicon spray. Alhasil, kaca mobil yang tadinya macet, dapat berfungsi normal kembali.

6. Melakukan Perbaikan di Bengkel Spesialis

Bila berbagai cara sudah dilakukan untuk mengatasi kaca mobil macet. Akan tetapi, tidak ada satu diantara cara tersebut yang berhasil. Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memperbaiki kaca mobil di bengkel spesialis.

Perlu diketahui, tidak semua bengkel bisa memperbaiki kaca mobil. Oleh karena itu, pastikan perbaikan kaca mobil dilakukan di bengkel spesialis yang mampu mengerjakannya. Dengan begitu, perbaikan kaca mobil dapat lebih optimal dan fungsinya normal kembali.

Itulah berbagai cara mengatasi kaca mobil macet yang bisa untuk Anda ikuti. Dari berbagai cara di atas, tentu sangat mudah dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, bila semua cara telah dicoba namun tidak membuahkan hasil, perbaikan di bengkel spesialis menjadi solusinya.

Finn Auto Express Menyediakan Layanan Perbaikan Kaca Mobil Macet

Bengkel Body Finn Auto Express, Sumber: finnautoexpress.com
Bengkel Body Finn Auto Express, Sumber: finnautoexpress.com

Seperti yang telah disampaikan di pembahasan sebelumnya. Ketika semua cara yang telah dilakukan tetap membuat kaca mobil macet, langkah terbaik sekaligus menjadi solusi adalah melakukan perbaikan di bengkel spesialis.

Nah, terkait bengkel spesialis, Finn Auto Express merupakan salah satu bengkelnya. Anda bisa melakukan perbaikan kaca mobil yang macet pada kami. Karena kami menyediakan berbagai macam-macam servis mobil sesuai dengan kebutuhan.

Tidak perlu ragu akan hasil perbaikan, karena Finn Auto Express telah terkenal sebagai bengkel mobil terpercaya. Perbaikan dan perawatan mobil juga langsung ditangani oleh para tenaga ahli di bidangnya.

Buktikan, perawatan dan perbaikan mobil di Finn Auto Express selalu memberikan hasil yang memuaskan!