Perawatan body mobil saat ini sudah terdapat beberapa macam. Salah satu dari perlindungan body mobil adalah memberikan pelapis berupa Nano Ceramic. Akan tetapi sebelum Anda membulatkan tekad untuk memilih Nano Ceramic sebagai pelapis body mobil Anda, penting untuk mengenal lebih jauh terkait salah satu pelindung body mobil ini. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Nano Ceramic?

Nanno Ceramic adalah polimer cair yang penggunaannya ditujukan untuk sebagai pelapis permukaan body mobil. Secara teknis, cairan yang digunakan dalam metode ini akan masuk kedalam pori-pori cat mobil dan menjadi lapisan perlindungan yang kuat.

Lapisan perlindungan yang dihasilkan oleh pelapis cat body mobi ini memiliki kualitas yang jauh lebih berkualitas jika dibandingkan dengan lapisan wax. Lapisan perlindungan ini bersifat permanen dan melekat pada cat mobil, yang berarti tidak luntur dan tidak memerlukan pengaplikasian yang berulang kali.

Apa Kelebihan Menggunakan Nano Ceramic?

Secara singkat, penggunaan lapisan cat pelindung pada body mobil ini akan memberikan lapisan perlindungan untuk exterior mobil Anda, memberikan efek kembali seperti baru, perawatan yang mudah, mobil anda lebih mudah dibersihkan, dan lain sebagainya. Untuk lebih detailnya, sebagai berikut :

Hasil Penggunaan Nano Ceramic, sumber : Nanocareproducts.com
Hasil Penggunaan Nano Ceramic, sumber : Nanocareproducts.com

1. Perlindungan yang Maksimal

Dengan ukuran partikel yang sangat kecil yaitu 1 X 10 -10 mm membuatnya dengan mudah untuk masuk ke dalam pori-pori cat mobil dengan sangat rapat dan menjadikanya kedap udara dan mencegah kotoran masuk ke dalam pori-pori cat.

Selain itu juga memberikan perlindungan yang dapat meminimalisir goresan akibat debu dan kerikil kecil. Baret halus seperti swirl mark akan hilang. Kemudian akan memberikan proteksi dari natural acid, seperti air hujan, kotoran burung, getah, air tahan, dan lainnya.

2. Mudah di Bersihkan

Dengan pori-pori yang sudah terjaga dengan maksimal, setiap kotoran yang lengket sangat mudah untuk dibersihkan tanpa air, cukup menggunakan kemoceng atau kain lap sehingga lebih menghemat air.

Selain itu juga, dengan pengaplikasian lapisan ini akan memberikan efek hidrofobik, yang artinya mempunyai sifat menolak air seperti efek daun talas. Sebagai contoh misalkan ketika mobil Anda terkena cipratan air, air akan dengan mudah jatuh ke permukaan tanah dan meluncur dengan mudah.

3. Perlindungan dari Jamur dan Waterspot

Efek dari tertutupnya pori-pori cat, debu tidak akan dengan mudah menempel sehingga mudah untuk dibersihkan dan ditambah dengan efek hidrofobik membuat air tidak menempel sehingga mampu menghindari terjadinya proses penjamuran atau waterspot.

Penggunaan Nano Ceramic, sumber : vpro.co.id

4. Super Mengkilap (Deep Wet Look)

Warna mobil Anda kusam ? setelah melewati proses detailing dan pelapisan menggunakan Nano Coating, tampilan mobil anda akan terlihat super mengkilap karena warna kusam pada mobil anda akan kembali seperti baru.

5. Perlindungan dari Kerusakan UV / Oksidasi

Jika kendaraan Anda sering terkena sinar matahari, kemungkinan besar catnya akan mulai teroksidasi yang akan berakibat cat kusam dan pudar. Lapisan pelindung ini akan melindungi cat kendaraan dari sinar ultraviolet matahari, sehingga mengurangi jumlah oksidasi.

6. Perlindungan dari Noda Kimia

Pewarnaan menggunakan bahan kimia dari kontaminan asam alami bisa menimbulkan bahaya bagi mobil. Dengan membuat permukaan yang tahan bahan kimia, Pelapis Nano Ceramic dapat menjaga beberapa kontaminan dari ikatan dengan cat kendaraan Anda. Hasilnya akan memberikan kendaraan Anda lebih tahan terhadap pewarnaan dan retak, dengan syarat kontaminan dihilangkan pada waktu yang tepat.

Apa Kekurangan Menggunakan Nano Ceramic ?

Tentu penggunaan pelindung cat mobil jenis ini tidak semata-mata menghasilkan nilai plus saja, ada juga nilai minusnya, Apakah itu ?

Penggunaan Nano Ceramic, sumber : Harapan Rakyat Online
Penggunaan Nano Ceramic, sumber : Harapan Rakyat Online

1. Biaya yang Tidak Murah

Apabila Anda terbatas dengan biaya tetap urungkan niat Anda untuk menggunakan jenis pelindung ini, karena biaya yang harus dikeluarkan tidaklah murah. Biayanya mulai dari jutaan hingga belasan juta. Tentu biaya akan disesuaikan dengan ukuran mobil.

2. Waktu yang lama

Proses yang panjang membuat aktivitas pengaplikasian jenis pelindung cat mobil ini menghabiskan waktu yang lama. Jika mobil Anda baru, nantinya akan membutuhkan waktu satu harian. Berbeda jika kondisinya sudah dipakai, maka bisa menghabiskan waktu sekitar tiga hari karena harus melewati proses detailing terlebih dahulu.

Itu dia beberapa informasi terkait kelebihan dan kekurangan Nano Ceramic. Semoga bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi terkait cat mobil Jogja lainnya di halaman finn auto express.