Pemilik kendaraan mobil tentu saja harus tahu seputar macam-macam servis mobil. Kendaraan roda empat ini berbeda dengan kendaraan yang lebih kecil seperti sepeda motor yang terkadang beberapa urusan perawatannya bisa dilakukan sendiri. Karena itu para pengendara atau pemilik kendaraan perlu mengetahui berbagai macam servis mobil.

Mobil merupakan salah satu yang berharga dalam keseharian kita. Tanpa perawatan, tentu saja barang apapun yang kita miliki termasuk kendaraan akan rusak dan kita mengalami kendala untuk memanfaatkannya. Karena itu, ketahui macam-macam servis mobil berikut ini.

Servis Berkala dan Jenis Servis Mobil Lain

Meskipun sudah terdapat bengkel mobil dimana-mana, namun apa macam-macam servis mobil yang ditawarkan perlu kita ketahui. Jangan sampai bingung saat membawanya ke bengkel karena belum pernah mengenal berbagai servis perawatan mobil di bengkel. Untuk itu, berikut informasi macam-macam servis mobil.

Sebagai contoh adalah perbedaan antara servis berkala dan tune up. Keduanya merupakan layanan yang ditawarkan oleh berbagai bengkel mobil di mana pun. Namun apa yang Anda butuhkan dalam waktu tertentu, apakah servis atau tune up, hanya bisa diketahui jika Anda mengetahui perbedaannya.

Servis berkala, adalah servis yang dibutuhkan pada jangka waktu tertentu baik setelah pemakaian kendaraan ataupun tidak. Hal ini diperlukan karena berbagai komponen mobil perlu diperiksa performanya seperti mesin kendaraan untuk mengantisipasi berbagai hal seperti kerusakan atau lewatnya batas masa waktu pemakaian. Lantas bagaimana dengan tune up?

Ganti Oli Mobil, sumber Tribun
Ganti Oli Mobil, sumber Tribun

Tune up berbeda dengan servis yang definisi singkatnya adalah perawatan. Tune up merupakan pengaturan pada kendaraan termasuk penggantian komponen atau cara lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan performas kendaraan. Sehingga terlihat tune up sangat berbeda dengan servis.

Untuk servis mobil berkala, berbeda antara masa pemakaian kendaraannya. Biasanya dibedakan menurut jarak tempuh kendaraan mulai dari 1.000 km hingga 120.000 km. Berbeda jarak tempuh juga berbeda pula komponen yang akan di servis. Sehingga Anda sebagai pemilik kendaraan perlu dapat membedakan komponen kendaraan Anda yang perlu segera di servis.

Layanan Servis Mobil Berkala

Di antara macam-macam servis mobil, ada yang rutin untuk dirawat agar performa kendaraan tetap stabil dan dapat dicegah dari kerusakan berat saat jarak tempuh tertentu. Servis rutin ini bisa dikatakan bukan sekedar servis berkala namun perawatan yang perlu dilakukan sewaktu-waktu tampak performa yang menurun pada mobil.

1. Ganti Oli

Oli adalah salah satu bahan penting dalam mesin mobil yang berfungsi sebagai pelumas. Oli dalam mobil sendiri terbagi atas beberapa jenis oli dan memiliki masa berlaku berbeda-beda. Jenis–jenis oli pada mobil yang pertama adalah oli mesin. Sesuai dengan namanya, oli ini digunakan pada mesin mobil dan harus diganti saat mobil sudah menempuh jarak 5000 km,

Yang kedua adalah oli transmisi. Pada mobil manual, oli transmisi harus diganti setiap mencapai jarak 10.000 km, sementara pada mobil matic oli transmisi diganti setiap kelipatan 20.000 km. Selanjutnya adalah oli gardan yang diganti bersamaan dengan oli transmisi. Berikutnya adalah oli rem yang berfungsi meredam panas saat pengereman. Yang terakhir adalah oli power steering yang digunakan pada stir mobil.

Filter Udara Mesin Mobil, sumber Momobil
Filter Udara Mesin Mobil, sumber Momobil

2. Pengecekan Filter Udara

Filter udara juga merupakan komponen pada mesin mobil yang perlu diperiksa meskipun belum waktunya servis berkala. Terutama pada musim hujan, filter udara ini dapat kotor sehingga kerjanya menjadi tidak efisien. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang nantinya dimanfaatkan oleh mesin mobil.

Idealnya, membersihkan filter udara dilakukan setiap 10 ribu km. Namun jika sudah mencapai 40 ribu km, sebaiknya lekas ganti filter udara. Selain itu, layanan servis membersihkan filter udara ini dapat dilakukan tanpa harus membongkar bagian mobil yang besar.

3. Pengecekan Rem

Rem atau brake pada mobil merupakan bagian yang juga vital. Karena bagian ini berhubungan dengan safety kendaraan. Sehingga, tanpa harus menunggu waktu servis berkala sekalipun pengecekan rem ini perlu dilakukan.

Jika Anda baru melakukan perjalanan jauh seperti melewati dataran tinggi, pengecekan rem secara langsung bisa saja diperlukan setelah kembali dari perjalanan. Pengecekan rem ini juga perlu dilakukan sebelum perjalanan yang mengharuskan pendakian apabila rem sudah lama tidak di servis.

4. Pengecekan Sistem Injeksi

Pengecekan sistem injeksi mobil ini juga tidak harus terpatok dengan waktu servis berkala atau jarak tempuh kendaraan. Karena sistem injeksi yang bermasalah dapat dirasakan oleh pengemudi secara langsung. Nah, sudahkah Anda mengeneli sistem injeksi yang bermasalah seperti apa?

Sistem Injeksi Mobil, sumber Seva.id
Sistem Injeksi Mobil, sumber Seva.id

Setidaknya ada beberapa hal yang mengindikasikan bermasalahnya sistem injeksi mobil. Semuanya berkaitan dengan performa mesin yang dapat dirasakan saat mobil dipanaskan atau saat berjalan. Diantara indikasinya adalah mesin yang sudah hidup baik dalam keadaan panas atau dingin.

Tanda lainnya yang dapat diketahui juga adalah putaran mesin yang tidak stabil dan konsumsi bahan bakar yang boros. Tanda-tanda seperti ini dapat Anda ketahui saat Anda menggunakan kendaraan mobil Anda. Apalagi jika mesin mobil tidak hidup sama sekali, sistem injeksi bisa jadi salah satu sebabnya apabila mengalami kerusakan.

5. Overhaul

Sebenarnya diantara macam-macam servis mobil, overhaul merupakan salah satu perawatan rutin. Namun berbeda keadaannya jika memang terjadi kerusakan yang tidak diantisipasi. Maka, tidak harus berkala tetapi langsung perlu dilakukan overhaul kendaraan Anda.

Overhaul adalah servis mobil berupa proses turun mesin. Servis ini memiliki biaya yang sangat besar, karena berkaitan dengan komponen mesin mobil yang rusak. Gejala yang menunjukkan bahwa harus dilakukan turun mesin adalah saat mesin tidak bisa berakselerasi saat gas dipijak, sehingga mobil tidak memiliki tenaga. Selain itu, mobil juga susah dinyalakan dan memiliki asap yang berlebihan dari knalpot.

Layanan Service Mobil Insidental

Selain melakukan service mobil secara rutin dan berkala, Anda juga perlu tahu beberapa bagian pada mobil yang perlu di service sewaktu-waktu. Apa saja bagian yang dimaksud? simak penjelasannya di bawah ini!

1. Body Repair

Body repair merupakan perbaikan pada body mobil Anda yang disebabkan oleh tabrakan atau penggunaan sehari-hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu. Pada umumnya untuk melakukan perbaikan ringan dan sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking.

Body repair untuk mengembalikan tampilan body mobil, sumber: lifepal.co.id
Body repair untuk mengembalikan tampilan body mobil, sumber: lifepal.co.id

Sedangkan perbaikan berat seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig/mag welding. Fungsi utama dari body repair adalah melakukan perbaikan terhadap mobil Anda yang mengalami permasalahan dan kerusakan.

Dengan body repair, juga akan mengembalikan warna baru mobil Anda akibat lecet ataupun tabrakan yang berakibatkan pada hilangnya warna asli mobil. Dari tahapan pengerjaan saat berada di bengkel body repair, hasil finishing nya sangat memuaskan dengan kembalinya kilap mobil Anda dengan berbagai perlindungan seperti anti karat dan anti jamur.

2. Service Tangki

Service tangki mobil adalah salah satu cara dalam merawat tangki bahan bakar pada mobil guna menghindari karat atau korosi. Service tangki mobil akan menjadi wajib untuk dilakukan apabila mobil mengalami kejadian tidak diinginkan, misalnya terendam banjir atau kecelakaan yang mengakibatkan tangki bocor atau penyok.

Tapi sebenarnya perawatan terhadap tangki bensin mobil ini dikembalikan lagi pada pemilik mobil sendiri (Anda). Sebab, service tangki mobil bisa saja tidak perlu dilakukan jika perawatan pada komponen ini dilakukan dengan baik.

3. Repair Bumper

Service mobil insidental selanjutnya adalah repair bumper. Bumper merupakan salah satu bagian dari body mobil yang juga penting. Fungsi dari bumper adalah untuk melindungi mobil dari terjadinya benturan.

Bumper mobil terletak pada bagian depan mobil, di bawah kap mesin. Kebanyakan orang memodifikasi mobilnya dengan mengganti bumper. Repair pada bumper mobil selain untuk tampilan, juga untuk aspek kenyamanan Anda sendiri.

Tampilan bumper mobil yang perlu di service, sumber: cashcarsbuyer.com
Tampilan bumper mobil yang perlu di service, sumber: cashcarsbuyer.com

4. Poles Cat Mobil

Baret halus dan bercak jamur yang muncul pada permukaan cat mobil menjadi tidak sedap dipandang. Untuk menghilangkan baret halus dan bercak jamur tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan polishing atau poles cat mobil. Karena sifatnya yang insidental, poles cat mobil ini hanya perlu Anda lakukan ketika kondisi cat mobil Anda sudah kelihatan baret halus dan bercak jamur.

5. Las Body Keropos

Karat adalah penyebab yang bisa menyebabkan body mobil menjadi keropos dan apabila sudah terjadi keropos, maka body mobil pastinya akan habis dimakan karat dan akhirnya bolong. Hal tersebut karena body mobil terbuat dari plat besi, sehingga dalam jangka waktu tertentu, kasus keropos tersebut akan dialami. Jika hal itu terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah melas bodi mobil.

Selain terjadi pada body mobil, penyakit keropos ini juga bisa timbul pada kolong mobil, seperti pada bagian sasis mobil. Letaknya yang berada di bagian bawah dan sering bersentuhan secara langsung dengan air hujan atau genagan air, menjadikannya sangat mudah sekali untuk mengalami keropos.

Terlebih lagi jika mobil Anda adalah keluaran terbaru saat ini, di mana sasis mobilnya kebanyakan terbuat dari plat besi yang tipis, sehingga sangat mudah sekali terjadi keropos. Apabila pada bagian bodi dan sasis ini sudah kelihatan keropos, maka langkah yang harus degera Anda ambil adalah memotongnya dan menambalnya dengan plat baru.

Tampak bodi mobil yang keropos, sumber: lasjogja.com
Tampak bodi mobil yang keropos, sumber: lasjogja.com

6. Repair Velg Penyok

Velg merupakan salah satu komponen paling vital pada mobil. Tidak hanya untuk keperluan estetika, tetapi peran penting velg adalah menjadi tumpuan keempat rodan ban mobil. Lingkaran logam yang berada di dalam roda itu adalah velg.

Konsepnya, velg pada mobil harus seimbang dan beriringan agar roda mobil dapat berputar mulus saat melaju dengan kecepatan tinggi. Bahannya juga tidak bisa asal-asalan karena velg mobil akan menahan beban vertikal dan beban samping, juga menopang sistem pengereman.

Velg peyang adalah sebutan untuk velg yang mengalami bagian yang penyok. Biasanya peyang terjadi di bibir velg yang disebabkan oleh benturan keras atau menginjak lubang yang dalam dengan kecepatan tinggi.

Itu dia macam-macam servis mobil, baik service rutin maupun service insidental yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan untuk menjaga mobil Anda. JIka Anda butuh bengkel yang tepat untuk layanan service insidental (body repair, service tangki, reapir bumper, poles cat mobil, las body keropos dan repair velg penyok), Finn Auto Express bisa diandalkan. Segera hubungi Kami, untuk info lengkapnya!