Masalah pada body mobil tidak bisa diabaikan begitu saja. Para pemilik kendaraan mobil harus selalu memperhatikan body mobilnya. Body mobil jelas merupakan bagian yang penting pada kendaraan mobil, sehingga masalah pada body mobil harus segera diselesaikan.

Menyelesaikan masalah pada body mobil sebenarnya bukan hanya pertimbangan estetika. Body mobil dirancang tentu saja untuk safety atau perlindungan. Meskipun dibuat semenarik mungkin, bentuk body mobil, material dan penyusun body mobil lainnya dirancang terutama untuk menjaga keselamatan pengendara.

Berbagai masalah body mobil sebenarnya sudah diketahui solusinya. Body repair mobil Jogja memiliki segala kebutuhan dan pelayanan yang diperlukan untuk masalah-masalah yang terjadi pada body mobil.

Namun kali ini baru akan diulas tentang masalah pada body mobil yang sering terjadi, termasuk juga akan diulas tentang bagaimana solusi sementara yang bisa dilakukan para pemilik kendaraan mobil untuk menyelesaikan masalah pada body mobil.

Masalah Pada Body Mobil Yang Sering Terjadi

Perawatan kendaraan mobil pribadi tentu menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi bagi para pemilik kendaraan. Mobil harus dirawat baik secara rutin maupun berkala. Semua ini juga demi kepentingan pemilik kendaraan agar tidak muncul hal seperti masalah pada body mobil. Masalah apa saja yang bisa terjadi pada body mobil?

1. Penyok

Penyok Pada Body Mobil, sumber ig santogaragesacabollos

Penyok Pada Body Mobil, sumber ig @santogaragesacabollos

Masalah yang sering terjadi pada kendaraan mobil adalah penyok. Penyok adalah body mobil yang berubah bentuknya akibat benturan. Perubahan bentuk akibat benturan yang menjadi penyok biasanya tidak sampai merusak body mobil karena masih pada batas elastisitas material body mobil. Hanya saja penyok ini harus diperbaiki agar bentuknya kembali normal.

Untuk penyok ringan pada bagian body mobil yang simpel, bisa diperbaiki langsung dengan beberapa cara seperti disiramkan air panas, menggunakan hair dryer dan lain-lain. Apabila penyok terjadi pada bagian body mobil yang rumit, konsultasikan ke bengkel kenteng mobil Jogja.

2. Berkarat

Karat Pada Body Mobil, sumber ig urbex.the.decay

Karat Pada Body Mobil, sumber ig @urbex.the.decay

Karat terjadi apabila bagian mobil terkena pengaruh asam pada udara atau kelembapan lingkungan. Karena body mobil berbahan material logam. Apabila muncul karat maka dapat menyebabkan masalah pada body mobil seperti keropos dan tentunya tampak tidak bagus. Karat tidak dapat dihindari karena memang cepat atau lambat, material logam akan berinteraksi dengan udara dan kelembapan lingkungan.

Oleh karenanya, body mobil harus dilapisi cat anti karat. Cat anti karat dapat mencegah dari karat dan melindungi body mobil dari zat-zat asam di lingkungan. Namun, apabila telah terjadi, menghilangkan karat merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Karena itu, segera hubungi bengkel body repair untuk perawatan lebih lanjut.

3. Berjamur

Jamur Pada Body Mobil, sumber ig nathanieltrottrealtor

Jamur Pada Body Mobil, sumber ig @nathanieltrottrealtor

Masalah pada body mobil selanjutnya yang dapat terjadi adalah jamur. Jamur akan muncul pada body mobil yang lembab dan dibiarkan mengering dengan sendirinya. Sehingga, apabila body mobil Anda lembab, jangan biarkan mengering, tetapi keringkan menggunakan handuk atau benda lainnya yang menyerap air.

Apabila jamur sudah muncul, tidak perlu khawatir. Karena jamur tidak begitu berdampak pada mobil kecuali dibiarkan dalam waktu yang sangat lama. Anda cukup membilas lagi mobil Anda, kemudian keringkan. Setelah kering, tambahkan car wax atau pengkilap body mobil untuk menghindari kelembaban yang menyebabkan jamur.

4. Terkontaminasi Cairan Lain

Kotoran Burung Pada Body Mobil, sumber ig ocmarketingguy

Kotoran Burung Pada Body Mobil, sumber ig @ocmarketingguy

Masalah pada body mobil lainnya yang dapat terjadi adalah terkontaminasi cairan-cairan baik alami yang ada di lingkungan maupun cairan kimia oleh karena tidak sengaja tertumpah pada body mobil Anda. Cairan alami bisa berupa kotoran hewan, getah pohon dan cairan sejenis yang sangat sulit untuk dibersihkan apabila dibiarkan mengering dan keras. Cairan kimia bisa berupa bekas minuman dan cairan lainnya yang rata-rata bersifat asam dan dapat mengikis cat mobil.

Apabila sudah terkontaminasi, segeralah untuk membilas bagian yang terkena cairan ini. Karena apabila dibiarkan dapat menyebabkan reaksi yang merusak pada body mobil Anda. Karenanya, segera bilas dan bersihkan dengan menggunakan sikat namun jangan sampai mengikis body mobil Anda.

Demikian beberapa masalah pada body mobil yang sering terjadi. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru bagi pemilik kendaraan mobil. Simak berbagai ulasan body repair Jogja finn auto express lainnya di website ini.