Saat musim hujan telah tiba, Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan sebagai pengguna mobil sebagai sarana transportasi sehari-hari adalah masalah timbulnya karat. Hal tersebut merupakan persoalan serius yang perlu untuk diwaspadai.

Apabila mobil Anda telah terjadi karat hanya berupa titik, kalau dibiarkan akan terus membesar dan bagian yang mengalaminya akan keropos. Kalau sudah keropos, biaya perbaikan akan menjadi sangat mahal. Disisi lain bila ingin dijual nilainya akan turun dengan drastis.

Mengantisipasi timbulnya karat penting, terutama pada kolong mobil karena letaknya yang kurang diperhatikan oleh penggunannya. Karena letaknya tersebut, sudah letaknya di bawah mobil dan tidak mudah terlihat membuatnya menjadi alasan utama sering lupa dibersihkan.

Saat musim hujan, bagi Anda yang memiliki mobil disarankan untuk lebih memperhatikan bagian kolong mobil. Pasalnya pada bagian ini sering terjadi korosi atau karat yang disebabkan reaksi antara logam dengan air, terlebih lagi air hujan mengandung garam yang mempercepat terjadinya korosi atau karatan.

Selain adanya air hujan yang mempercepat terjadinya korosi, terdapat pula seperti lumpur dan tanah yang dapat menambah cepatnya terjadi karatan. Melihat realita yang ada, membuat pemilik mobil memberikan perlindungan ekstra untuk anti karat.

Karat di Kolong Mobil, sumber : intersport.id
Karat di Kolong Mobil, sumber : intersport.id

Namun, tetap saja kemungkinan kolong mobil terkena kotoran masih besar. Karat di kolong mobil tidak hanya menyebabkan penampilan mobilnya menjadi terganggu, tetapi juga bisa merusak fungsi dari komponen mobil tersebut.

Cara Mencegah Karat di Kolong Mobil

Nah, untuk itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan para pengguna mobil untuk mencegah kolong mobil berkarat saat musim hujan. Jika karatan belum terjadi, langkah-langkah ini bisa Anda lakukan untuk upaya pencegahan.

1. Rajin Membersihkan Kolong Mobil yang Kotor

Cara mencegah karat pada kolong mobil pertama adalah dengan rajin mencuci kolong mobil yang kotor. Mengenai mencuci mobil, tentu Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau dengan memasukan mobil ke salon.

Kolong mobil cukup untuk dibersihkan setiap seminggu sekali. Akan tetapi, saat musim hujan, disarankan untuk Anda menyesuaikan tergantung dengan kebutuhan. Di sisi lain, jika melewati banjir, disarankan bagi pengguna mobil agar segera mencuci mobilnya kurang dari 24 jam hingga bersih. Usahakan jangan membiarkan kotoran menempel terlalu lama pada logam kolong mobil.

Jika Anda tidak memiliki waktu luang dan dirasa apabila mencuci sendiri itu ribet , tidak ada salahnya membawa mobilnya ke tempat salon mobil yang memiliki jasa cuci mobil. Mencuci di salon memberikan Anda jaminan mobil hingga kolongnya benar-benar bersih.

2. Mencuci Kolong Mobil Menggunakan Hidrolik

Cara mencegah karat pada kolong mobil pertama berikutnya adalah mencuci kolong mobil menggunakan hidrolik. Hidrolik adalah alat yang difungsikan untuk mengangkat mobil agar bagian bawah mobil dapat dibersihkan dengan baik dan leluasa.

Cuci Mobil Hidrolik, sumber : Asuransi Mobil Garda Oto
Cuci Mobil Hidrolik, sumber : Asuransi Mobil Garda Oto

Menggunakan alat ini terbilang membutuhkan biaya yang cukup mahal dan tidak bisa dilakukan di rumah. Namun, Anda bisa menemukannya tersedia di salon-salon mobil atau jasa pencucian mobil yang telah tersebar di berbagai daerah

3. Mencuci Menggunakan Steam

Cara lainnya adalah mencuci bagian bawah mobil menggunakan steam. Kotoran yang membandel susah untuk Anda bersihkan seperti lumpur, tanah, dan kotoran lainnya bisa Anda bersihkan menggunakan alat steam.

Setelah dicuci bersih, semprot lapisan undercoat agar bagian kolong mobil tidak mudah karatan jika terkena air hujan ataupun banjir. Bagian lain yang perlu disemprot adalah spakbor, lantai bawah mobil, panel bagian pintu, panel bawah mobil, dan bagian lainnya yang mudah berkarat jika terkena air.

Perlu diperhatikan juga, disarankan sebelum disemprot, bagian ban ditutupi terlebih dahulu agar cairan tidak terkena ban. Kemudian, tunggu sampai semua bagian kering agar perlindungan yang diberikan bisa maksimal.

Itu dia beberapa cara untuk mencegah karat pada kolong mobil. Dari beberapa cara ini, Anda bisa pilih salah satu diantaranya yang bisa Anda jangkau. Karena tidak semua daerah terdapat tempat cuci steam atau hidrolik. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai ulasan bengkel mobil lainnya.