Cara mengecat mobil sendiri bisa dilakukan dengan mudah jika Anda mau mempelajari dan memahami langkah-langkahnya dengan baik. Selain menambah wawasan Anda mengenai perawatan mobil, Anda juga menjadi pribadi yang bisa mandiri dengan menghemat pengeluaran rumah tangga sekecil mungkin.

Saat ini banyak mobil yang memiliki warna yang bermacam-macam dari pabrik. Tapi tidak sedikit juga orang yang belum puas dengan warna asli dari mobil tersebut, sehingga memungkinkan untuk mengecat ulang warna mobil.

Di sisi lain dengan mengecat mobil sendiri, Anda dapat bebas memilih cat dengan kombinasi apapun yang unik dan langsung mengaplikasikannya tanpa resiko miss komunikasi dengan tukang catnya. Kualitas yang Anda kerjakan juga sudah pasti baik karena resiko dicurangi tidak ada sama sekali.

Cara Mengecat Mobil Sendiri

Sebelum memutuskan melakukan proses pengecatan sendiri, sebaiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu di majalah, internet atau pun buku mengenai otomotif. Berbekal pengetahuan dasar Anda bisa langsung mencoba menerapkannya.

Ilustrasi Cat Mobil, sumber : HOME — TOPCOAT
Ilustrasi Cat Mobil, sumber : HOME — TOPCOAT

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengecat mobil sendiri yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Memilih dan Menentukan Warna Cat

Warna cat mobil merupakan komponen utama yang wajib Anda tentukan terlebih dahulu sebelum memulai proses pengecatan. Jangan sampai Anda menggunakan warna asal-asalan yang belum mantap di hati Anda. Nantinya malah jadi kerja dua kali, karena tidak sesuai harapan warna yang sudah Anda terapkan.

Selain itu, akan menambah pengeluaran bagi Anda karena harus mengeluarkan biaya untuk membeli cat warna lain. Persiapan memang sangat diperlukan agar semua pekerjaan menjadi terkoordinasi dengan baik.

2. Proses Pendempulan

Proses pendempulan diawali dengan melakukan pembersihan terlebih dahulu. Setelah benar-benar bersih, lakukan pengamplasan pada bagian-bagian tertentu atau keseluruhan yang akan dicat. Lanjutkan dengan melakukan pengolesan menggunakan dempul secara menyeluruh dan jangan terlalu tebal.

Apabila Anda menemukan bagian-bagian yang bolong, Anda bisa melakukan proses pendempulan kembali secara menyeluruh sampai benar-benar halus. Tunggu beberapa saat sampai kondisi fisiknya sudah berubah menjadi setengah kering.

Jika sudah, Anda bisa melakukan melakukan proses pendempulan lagi untuk memperoleh ketebalan yang diinginkan. Jangan lupa lakukan proses pengamplasan kembali untuk mendapatkan tekstur permukaan yang halus.

3. Proses Perlindungan

Cara mengecat mobil sendiri berikutnya ialah melewati tahap perlindungan. Sebelum melakukan proses pengecatan, Anda bisa melindungi bagian-bagian lain yang tidak ingin dicat dengan menggunakan kertas bekas atau bisa juga menggunakan kertas koran.

Ilustrasi Mengecat Mobil Sendiri, sumber : otosia.com
Ilustrasi Mengecat Mobil Sendiri, sumber : otosia.com

Buatlah pola kertas tersebut dengan menempelkannya ke bagian kaca, lampu spion, lampu utama dan bagian lainnya. Setelah pola dibuat, Anda bisa mulai melakukan penempelan. Pastikan bahwa bagian-bagian tersebut sudah tertutup dengan baik. Hal ini digunakan untuk menghindari cat belepotan kemana-mana dan hasilnya menjadi buruk.

Anda juga mempunyai pekerjaan tambahan membersihkan bagian-bagian yang seharusnya tidak boleh terkena cat. Hal itu akan menyusahkan Anda sendiri nantinya. Tentu lebih baik mengantisipasinya terlebih dahulu dengan memberikan perlindungan.

4. Proses Pengecatan

Lakukan proses pencampuran terhadap cat yang sudah Anda pilih dengan cairan tiner dan wajib disesuaikan dengan jenis cat yang akan Anda terapkan. Perhatikan tingkat kekentalannya, tidak boleh terlalu encer ataupun terlalu kental untuk mendapatkan hasil cat yang memuaskan.

Apabila Anda membeli cat dengan jenis yang kental, maka Anda bisa melakukan pencampuran cat dengan tiner menggunakan perbandingan 1 cat dan 2 liter tiner. Namun, apabila Anda membeli cat dengan jenis yang encer, maka Anda bisa melakukan pencampuran dengan perbandingan 1 cat dan 1 liter tiner.

Jika semuanya sudah siap, Anda bisa langsung memulainya sesuai warna yang ditentukan sebelumnya. Untuk proses pengecatan sendiri hanya perlu satu kali saja melakukan penarikan bagian spoit catnya, jangan sampai hasilnya terlalu tebal.

Ilustrasi Mengecat Mobil, sumber ig kilasdaerah.kompas.com
Ilustrasi Mengecat Mobil, sumber ig kilasdaerah.kompas.com

5. Proses Varnish

Cara mengecat mobil sendiri berujung pada proses varnish. Setelah kondisi cat benar-benar kering, Anda sudah bisa memulai proses varnish untuk memperoleh hasil yang good quality. Pembuatan varnish bisa dimulai dengan melakukan proses pencampuran bahan terlebih dahulu.

Setelah bahan-bahan melewati tahap pencampuran, maka Anda bisa langsung memulai proses penyemprotan seperti halnya proses pengecatan. Caranya pun tidak ada bedanya, Anda bisa mengikuti tahap sebelumnya. Yang harus Anda ingat adalah penyemprotan wajib satu jalan, secara merata dan tidak boleh melompat.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara mengecat mobil sendiri yang perlu Anda ketahui. Tentu cara-cara di atas diharapkan bisa membantu memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi. Simak tips body repair lainnya di finnautoexpress.com.