Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil salah satunya, bukan perkara yang mudah. Memang dengan adanya mobil pribadi lebih mudah untuk perjalanan saat musim panas atau hujan, saat membawa barang banyak, perjalanan ke luar kota atau jarak jauh dengan keluarga, dan keperluan lainnya. Tetapi dibalik itu semua, banyak hal lain yang perlu diperhatikan, seperti mencuci mobil ketika kotor, isi bahan bakar ketika tangki mobil sudah menandakan mau habis, atau melakukan perawatan mobil dari mengganti ulang oli, mengganti ban mobil, service mesin mobil, hingga memperbaiki goresan body mobil.

Masalah yang kadang sulit dikendalikan oleh setiap orang yaitu terjadinya goresan pada body mobil. Jika terjadi sepengetahuan yang memiliki mobil, mungkin masih bisa dikendalikan. Tetapi jika terjadi diluar sepengetahuan yang memiliki mobil, tentu menjadi sebuah masalah karena melihat body mobil yang tiba-tiba sudah terkena goresan.

Penyebab Goresan

Goresan pada body mobil bisa muncul karena benturan dengan kendaraan lain seperti motor, mobil, bus, atau sejenisnya yang sering terjadi saat berlalu lintas atau saat ingin parkir kendaraan. Bisa terjadi karena tersenggol tembok atau bahan lainnya saat mau memutar balik mobil disebabkan tidak bisa melihat seluruh bagian mobil. Bisa terjadi karena tangan jahil dari anak-anak atau orang tertentu yang menggores dengan sengaja pada body mobil, atau bisa juga karena usia pakai mobil yang sudah lama. Munculnya goresan di mobil tentu membuat penampilannya menjadi kurang sedap jika dipandang.

Goresan di Mobil
Goresan di Mobil

Periksa Kondisi Goresan

Goresan di body mobil bila sifatnya masih ringan bisa saja untuk disamarkan atau dihilangkan. Anda tidak harus buru-buru bawa ke bengkel apabila masih bisa dikerjakan sendiri di rumah. Jika membawa langsung ke bengkel akan mengeluarkan budget yang lebih dibandingkan memperbaiki sendiri. Bahkan tidak jarang ada beberapa bengkel yang memang sengaja memberi informasi palsu ke konsumen, apalagi konsumen yang kurang paham mengenai goresan mobil atau terlalu sibuk sehingga tidak sempat merawat mobil.

Informasi yang awalnya goresan biasa saja atau ringan menjadi agak besar biar budget yang dikeluarkan juga lebih besar, karena memang pada dasarnya bengkel mana yang mau rugi tetap mau untuk terus pastinya. Banyak cara menghilangkan baret pada mobil, seperti menggunakan compound, wax, scratch remover, amplas, sabun detergen, lotion anti nyamuk, hingga kuteks sekalipun.

Sering dijumpai pada mobil goresan sebenarnya bukan kerusakan pada cat, hanyalah segaris tonjolan atau hanya debu yang menempel dan mengeras. Bila hanya kotoran, cukup di lap saja dengan kanebo basah. Apabila goresan masih muncul tapi tidak dalam, maka goresan tersebut akan lebih mudah dihilangkan. Cara mengetahui seberapa parah goresan di mobil yaitu dengan melihat kedalamannya. Bila sampai terlihat warna perak khas besi atau logam maka, goresan tersebut termasuk dalam dan mungkin lebih sulit diperbaiki di rumah melainkan harus dibawa ke bengkel.

Menghilangkan Goresan Mobil dengan Kompon

Compound
Compound

Goresan yang masih dalam tahap ringan bisa hilang dengan memoles bagian tersebut dengan kompon. Bahan kimia dalam bentuk krim ini banyak tersedia di toko-toko aksesoris ataupun perkakas otomotif. Kompon berfungsi untuk mengikis cat di sekitar goresan, hingga goresan menjadi hilang tertutup oleh cat disekitarnya. Kompon yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan ringan adalah kompon putih yang memiliki daya kikis kuat.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghilangkan goresan pada body mobil dengan kompon, meliputi:

  1. Bersihkan permukaan mobil yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan debu kotoran yang mungkin masih menempel.
  2. Lap permukaan mobil sampai kering menggunakan lap kain mikrofiber.
  3. Poles bagian tersebut dengan kompon poles, harus dengan memoles kompon relatif cepat agar tidak lekas mengering. Apabila mengering maka bekas kompon yang menempel semakin sulit dibersihkan dan kadang jadi bercak.
  4. Saat memoles, jangan terlalu ditekan supaya bagian cat tidak banyak terkikis dan jadi belang.
  5. Setelah proses memoles selesai, bilas kembali bekas goresan dengan air bersih kemudian keringkan.
  6. Melapisi bagian tersebut dengan wax supaya kembali mengkilap.

Baca juga : Tips Merawat Cat Mobil

Samarkan Goresan Mobil dengan Scratch Remover

Scratch Remover
Scratch Remover

Apabila goresan sifatnya tidak parah, bisa mencoba menutupinya dengan scratch remover. Cairan ajaib ini biasanya banyak tersedia di toko aksesoris mobil. Scratch remover mungkin butuh hingga lima kali poles untuk menghilangkan goresan dengan baik. Cara pemakaian scratch remover dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Oleskan cairan scratch remover dengan menggunakan jari tangan pada bodi mobil yang tergores secara merata.
  2. Gosok bagian tadi menggunakan kain micro-fiber.
  3. Tekan pelan-pelan agar cairan scratch remover ini bisa bekerja optimal.

Menghilangkan Goresan Mobil dengan Obat Nyamuk

Obat Nyamuk
Obat Nyamuk

Cara yang satu ini mungkin kurang lazim yang masih dipercaya sebagian pemilik mobil untuk menghilangkan goresan yakni dengan mengolesi obat nyamuk lotion. Pemakaian obat nyamuk ini sifatnya hanya untuk dalam kondisi darurat bila tidak menemukan kompon, karena sifat zatnya yang cukup keras terhadap cat. Cara pemakaian obat nyamuk untuk olesan goresan body mobil dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Oleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet.
  2. Biarkan selama 10 s/d 20 detik.
  3. Gunakan air untuk membasahi daerah yang lecet tersebut dan segera keringkan.

Obat nyamuk lotion ini menghilangkan lapisan bening atau clear coat diatas lapisan cat mobil. Lotion sebenarnya tidak disarankan untuk pemakaian yang terus menerus apalagi pada kondisi goresan dengan ukuran yang terlalu besar walau agak tipis. Karena pada beberapa mobil bahkan bisa merusak kualitas cat dan hasilnya buram karena memudar, kecuali pada goresan yang tipis dengan ukuran kecil.

Semoga informasi yang kami berikan untuk Anda dapat bermanfaat. Sebaiknya Anda juga membaca beberapa referensi lainnya sebagai bahan untuk melengkapi informasi yang Anda terima dalam memperbaiki goresan mobil.