Punya mobil tua di rumah? Jangan-jangan Anda suka mengoleksinya? Jika Anda menyukai mobil tua, maka jangan lupa untuk selalu merawat mobil tersebut. Semakin tua mobil yang Anda miliki, maka tentu saja mesin yang dimilikinya juga tua. Apabila malas merawat atau bahkan tidak dirawat, jangan heran jika mobil tua mogok dan akan sulit untuk dinyalakan. Jadi perawatan mobil tua ini memanglah penting untuk terus dilakukan.

Bukan hanya bagian mesinnya saja ya yang perlu diperhatikan, bagian luarnya atau body mobil juga penting. Jadi meskipun mobil tua, namun tetap terlihat awet muda. Banyak yang masih mempertahankan mobil tua yang dimilikinya karena berbagai alasan. Misalnya saja karena memang suka dengan mobil tua dan ingin mengoleksinya. Ada juga yang enggan menjualnya dengan alasan mobil tersebut memiliki banyak kenangan.

Salah satu penyakit mobil tua yang sering dialami ialah aki tekor yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada mobil tersebut. Jika tidak ingin mengalami kondisi tersebut, Anda perlu rutin merawat mobil tua. Meskipun tergolong tua, namun perawatannya tidak begitu sulit kok. Asalkan rutin dirawat saja, supaya tingkat kerusakannya tidak tinggi.

Tips merawat mobil tua, Sumber: startrescue.co.uk
Tips merawat mobil tua, Sumber: startrescue.co.uk

Meskipun saat ini banyak mobil keluaran terbaru dan memiliki fitur yang canggih, namun bagi pecinta mobil klasik tentu saja tidak terlalu tertarik. Bagi sebagian orang, memiliki mobil tua dapat mendatangkan berbagai keuntungan. Berikut beberapa keuntungannya:

  • Bagi pecinta mobil klasik, ada rasa bangga tersendiri ketika memiliki mobil tua yang pada zaman dulu merupakan idaman semua orang. Meskipun zaman sudah berkembang dan banyak mobil keluaran terbaru yang jauh lebih mahal dan canggih, namun tidak bisa mengalahkan rasa kebanggaan memiliki mobil yang dulu diidamkan banyak orang.
  • Memiliki mobil tua yang terawat juga bisa menjadi pusat perhatian. Pasalnya orang yang memiliki mobil tua yang tergolong langka hanya sedikit. Jadi Anda bisa menjadi pusat perhatian karena bisa memiliki mobil tua yang menjadi idaman pada zamannya.
  • Mobil tua yang tergolong langka dan memiliki perawatan bagus akan memberikan keuntungan secara finansial. Bagi Anda yang memang senang dengan mobil tua dan memperbolehkan mobil Anda dibeli orang, maka harganya bisa tinggi. Untuk mobil tua tidak ada patokan harga, jadi Anda bisa menakar sendiri ingin Anda jual berapa.

Tips Merawat Mobil Tua

Supaya mobil tua tetap memiliki performa berkendara yang baik, maka diperlukan perawatan yang rutin. Mulai dari mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil tua yang tepat, hingga perawatan diluar bagian mesin. Berikut beberapa tips dari merawat mobil tua yang bisa Anda lakukan.

1. Rutin Mengganti Oli

Bukan hanya dilakukan pada mobil keluaran terbaru saja, namun rutin ganti oli mobil tua secara berkala juga penting. Hal ini bertujuan supaya mobil tetap menghasilkan kualitas yang prima dan dapat digunakan secara optimal. Jika Anda malas mengganti oli, maka komponen-komponen yang ada di dalam mobil tua akan mengalami kerusakan.

Ganti oli secara rutin, Sumber: sinarmasfinance.co.id
Ganti oli secara rutin, Sumber: sinarmasfinance.co.id

2. Memperhatikan Bagian Body Mobil

Mobil tua Anda akan terlihat lebih menawan jika Anda menjaga kesehatan warna mobil dengan baik. Jadi pastikan cat mobil Anda masih baik dan tidak kusam. Untuk melakukan perawatan cat mobil supaya lebih terlihat cantik dan menawan, Anda bisa membawanya ke bengkel cat mobil Jogja. Jadi perhatikanlah bagian body mobil Anda, supaya tampilan mobil tetap menarik dan akan menjadi pusat perhatian tentunya.

Rawat bagian body mobil tua, Sumber: otomotif.kompas.com
Rawat bagian body mobil tua, Sumber: otomotif.kompas.com

3. Perhatikan Kondisi Rem

Rem merupakan salah satu komponen penting bagi mobil. Semakin tua mobil yang Anda miliki, maka berkemungkinan mengalami penurunan kondisi rem. Sehingga jika tidak diperhatikan bisa jadi rem pada mobil tersebut sudah mengalami kerusakan. Jadi memeriksa kondisi rem secara berkala itu sangat penting sebelum digunakan untuk berkendara ya.

Cek kondisi kampas rem mobil, Sumber: harapanrakyat.com
Cek kondisi kampas rem mobil, Sumber: harapanrakyat.com

4. Memeriksa Bagian Karet Penyangga, Ring, dan Kabel

Dalam merawat mobil tua, Anda perlu memperhatikan bagian karet penyangga, ring, dan juga kabel. Perhatikan dengan detail apakah karet penyangga yang ada di bagian pintu mobil masih layak digunakan atau tidak. Jika sudah tidak layak digunakan, maka Anda harus segera menggantinya. Tujuannya agar tidak terjadi berbagai masalah kedepannya.

Baca juga: Cara Modifikasi Mobil Ceper Dengan Mudah

Untuk bagian ring, jika dirasa ring sudah berkarat maka segera menggantinya dengan yang baru. Karena hal ini berkaitan dengan kelancaran aliran bensin. Pada bagian kabel juga perlu diperhatikan, jika kabel sudah tidak dalam kondisi yang baik maka segera menggantinya. Kabel yang mengelupas dapat menyebabkan konsleting, jadi Anda perlu berhati-hati.

Memperhatikan kondisi kabel mobil, Sumber: dream.co.id
Memperhatikan kondisi kabel mobil, Sumber: dream.co.id

5. Jangan Lupa, Periksa Bagian Radiator

Bagian radiator ini berfungsi sebagai pendingin mesin, jadi penting juga untuk Anda perhatikan. Salah satu cara merawat radiator mobil tua ialah dengan rutin membersihkan tangki radiator secara rutin. Anda bisa membersihkan radiator sekitar 2 minggu sekali. Bukan hanya itu saja, namun bagian radator yang lainnya juga perlu dibersihkan. Misalnya saja seperti penutup, pompa oli, klem selang, hingga kipas pendingin.

Periksa bagian radiator, Sumber: cnnindonesia.com
Periksa bagian radiator, Sumber: cnnindonesia.com

Itulah tadi informasi mengenai tips merawat mobil tua yang penting untuk Anda perhatikan. Jika dirasa mobil Anda membutuhkan perbaikan pada bagian body maka bisa langsung membawanya ke bengkel body repair Jogja untuk diperbaiki. Kami dari Finn Auto Express siap membantu menyelesaikan masalah Anda mengenai body mobil. Jangan ragu menghubungi kami di kontak yang tersedia untuk berkonsultasi.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas, ikuti terus berbagai informasi yang menarik dari Finn Auto Express. Misalnya saja mengenai kenteng magic Jogja atau yang lainnya. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi laman website Finn Auto Express.