Mobil ceper atau flat car menjadi salah satu jenis modifikasi mobil yang umum diminati oleh di pemilik mobil, terutama generasi muda. Karena itulah modifikasi mobil ceper pada mobil sering ditemui di jalanan di seluruh kota besar Indonesia dengan berbagai type mobil. Ada beberapa tujuan, mengapa seseorang pemilik mobil melakukan modifikasi ceper pada mobilnya.

Selain karena mengejar tampilan, kendaraan dengan ground clearance rendah memepengaruhi gaya gravitasi mobil, sehingga mobil akan lebih stabil. Karena itulah untuk keperluan kecepatan tinggi, seperti mobil yang digunakan untuk balapan track rata, biasanya mobil memiliki ground clearance rendah.

Cara Modifikasi Mobil Ceper

Modifikasi Mobil Ceper
Mobil ceper biasanya untuk mengarah aerodinamis. Sumber Unsplash

Melakukan modifikasi ceper bisa dilakukan dengan beberapa cara. Anda jika berminat untuk melakukan modifikasi mobil ceper bisa menyesuaikan dengan budget, menyesuaikan dengan fitur yang diinginkan atau anda mengejar kualitas. Pada artikel kali ini website bengkel kenteng magic Jogja yakni FinnAutoExpress.Com akan mengulas beberapa cara melakukan modifikasi mobil ceper. Inilah ulasannya !

1. Menggunakan Coilover

Dengan menggunakan coilover, anda bisa melakukan kostumisasi tingkat tinggi rendahnya ground clearance mobil anda. Coilover merupakan per yang menyatu dengan shockbreaker, yang memiliki fungsi pengaturan untuk besaran rendah atau turun naiknya sebuah mobil. Karena itu dengan menggunakan perangkat ini, anda lebih leluasa melakukan modifikasi mobil ceper milik anda.

Kemampuan Coilover lainnya adalah memungkinkan untuk mengatur empuk atau kerasnya shock. Pengaturan soft biasanya digunakan untuk harian sedangkan untuk keperluan di balapan pengaturan bisa diubah menjadi keras. Pada produk cailover lainnya yang lebih mahal ada pengaturan camber kit, sehingga penggemar modifikasi camber tidak perlu bingung untuk merubah sudut camber pada roda.

Coilover dibuat menyesuaikan dengan keperluan konsumen dalam penggunaan mobilnya, apakah mobil tersebut untuk balapan, drifting, harian dan sebagainya.Coilover dibandrol dengan harga yang bervariasi tergantung fitur yang didapatnya. Pada satu set entry level coilover berkisar antara Rp. 10 juta hingga Rp. 15 juta, apakah anda berminat ?.

2. Menggunakan Per Sport

Cara meodifikasi mobil ceper ini dengan menggunakan per sport atau sport springs. Per ini adalah per khusus yang didesain untuk merendahkan mobil. Penggunaan per sport ini tidak ribet, aman dan ekonomis. Biasanya penggunaan per sport atau dikenal dengan lowering springs didesain dan disesuaikan dengan shock bawaan mobil pabrikan.

Ada beberapa jenis lowering spring, yang menjadikannya berbeda dalam tingkat kerendahan yang dihasilkan. Semua itu tergantung pada merk lowering springs yang digunakan.  Meskipun cara ini terlihat aman dan ekonomis, namun karena tidak dapat dikustomisasi sehingga untuk mengubah turun naiknya ground clearance mobil harus mengganti per. Artinya anda harus membeli per lagi sesuaidengan ukuran yang diinginkan.

3. Menggunakan Air Suspension

Modifikasi mobil ceper dengan langkah lain adalah dengan metode air suspension per diganti dengan kantong udara atau yang dikenal dengan istilah “Bagged”. Fungsi udara akan mampu menyerap energi secara lebih baik dibandingkan dengan penggunaan per, karena itu suspensi pada teknologi mutakhir lebih menggunakan tabung udara daripada per, ha; ii sudah diaplikasikan pada suspensi sepeda MTB.

Karena air suspension lebih baik dibandingkan penggunaan lowering springs atau coilover, maka menggunakan air suspension menjadi langkah terbaik dalam melakukan modifikasi mobil ceper. Udara yang terdapat pada kantong akan membentuk seperti ban mini dan diatur menggunakan compressor yang biasanya diletakkan pada bagasi belakang mobil.

Selain memberikan kenyamanan dari fiturnya yang canggih, penggunaan air suspension ini tentunya membutuhkan dana yang cukup besar. Meskipun dalam menyerap hentakan lebih baik daripada per, namun ada sisi kelemahan dari air suspension yang perlu diketahui. Kelemahan dari air suspension yaitu sistem ketahanan mobil tidak setangguh pada penggunaan suspensi per. Apalagi bagi anda yang melakukan modifikasi mobil ceper, namun jalanan yang dilewati tidak bagus maka perangkat ini akan cepat rusak.

4. Menggunakan Per Mobil Lain

Langkah ini memang sebaiknya tidak dilakukan tanpa saran dan perhitungan dari tenaga bengkel profesional yang mengerti tentang sistem per dan suspensi mobil. Tetapi cara ini adalah cara yang paling hemat dan jauh lebih baik dibanding anda memotong per bawaan mobil. Akan tetapi jika anda memilki cara lain yang lebih aman, sebaiknya menggunakan cara lain.

Sebaiknya diperhitungkan secara tepat apakah per tersebut bisa terpasang presisi di mobil anda atau tidak ketika anda akan memasang per mobil anda dari mobil lain. Karena itulah dengan cara ini sebaiknya anda didampingi dengan teknisi suspensi yang berpengalaman.

Modifikasi Mobil Ceper
Grouund Clearance rendah. Sumber Unsplash

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan mobil ceper. Memang dengan menggunakan mobil ceper, kendaraan akan lebih aerodinamis, akan tetapi ground clearance yang rendah menjadikan karat di kolong mobil menjadi lebih rentan terjadi.

Demikianlah cara modifikasi mobil ceper yang bisa anda lakukan denga cara yang menurut anda sesuai dengan keinginan. Modifikasi mobil ceper agar aman dan nyaman tentu harus dilakukan oleh bengkel ahli agar tidak menimbulkan resiko kerusakan pada komponen atau bagian mobil. Karena hakl itu dapat mempengaruhi performa dan juga keamanan berkendara meskipun sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan pada mobil.