Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar rumah, pastinya sudah tidak asing lagi dengan iklan-iklan yang terpampang pada kendaraan. Sebelumnya iklan tersebut ditempel pada kendaran umum saja seperti bus, angkot dan kereta. Namun kini mobil pribadi Anda pun sudah bisa ikut meraup keuntungan dengan cara pasang iklan di mobil. Menarik bukan?

Awal dari maraknya pemasangan iklan pada mobil pribadi didasari dari keinginan para pemilik brand atau usaha tertentu untuk terus meningkatkan brand awareness kepada masyarakat secara lebih luas. Biasanya pemilik brand menggunakan media lain seperti jasa press release untuk mempromosikan produknya. Namun dengan menggunakan media iklan seperti mobil pribadi tentunya memiliki kelebihan tersendiri.

Pemasangan iklan di mobil ini menjadi sesuatu hal yang sangat menarik karena pemilik mobil juga bisa berkesempatan meraih keuntungan atau penghasilan tambahan. Apalagi jika pemilik mobil tersebut adalah pengemudi taksi online.

Tarif Pasang Iklan di Mobil dan Keuntungannya

Meraup keuntungan dengan pasang iklan di mobil. Sumber: kompas.com
Meraup keuntungan dengan pasang iklan di mobil. Sumber: kompas.com

Pada dasarnya jasa pemasangan iklan di mobil pribadi memiliki prinsip yang sama dengan pemasangan iklan di sebuah billboard atau baliho. Perbedaannya adalah tarif pemasangan iklan di media tersebut akan menjadi keuntungan perusahaan penyedia billboard atau baliho. Sedangkan jika dipasang di mobil, maka keuntungannya akan didapatkan oleh pemilik mobil.

Kisaran keuntungan yang bisa didapat dengan memasang iklan di mobil memang bervariasi. Jenis iklan yang dipasang menentukan tarif yang akan didapat. Umumnya, pemilik kendaraan mobil akan memperoleh penghasilan berkisar Rp. 400.000 – Rp. 1.300.000 per bulannya.

Jenis-Jenis Layanan Pasang Iklan di Mobil

Biasanya perusahaan advertising akan memberikan beberapa pilihan terkait jenis iklan yang ingin dipasang. Ada berbagai jenis layanan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memasang iklan di mobil Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan stiker yang ditempel di mobil

Jenis iklan menggunakan stiker. Sumber: grab.com
Jenis iklan menggunakan stiker. Sumber: grab.com

Jenis media iklan satu ini paling banyak dipilih oleh orang-orang yang memasang iklan di mobilnya. Kelebihan dari memasang stiker ini adalah orang lain dapat dengan mudah melihat iklan tersebut. Biasanya pemasangan stiker ini diletakkan di posisi belakang, misalnya di bagian luar kaca belakang mobil. Namun tak jarang juga ada yang memilih memasang di bagian samping mobil.

2. Memasang tablet di dalam mobil

Pemasangan tablet di dalam mobil juga bisa menjadi alternatif untuk mengiklankan suatu brand atau produk. Biasanya tablet tersebut diletakkan dan ditempel pada bagian sandaran kepala jok mobil. Jenis iklan ini lebih bervariasi karena bisa memperlihatkan iklan berisi video ataupun gambar.

3. Menggunakan Brosur/Flyer

Jenis iklan lainnya yaitu dengan menempatkan wadah yang berisikan brosur atau flyer di bagian belakang sandaran kepala jok mobil. Penumpang mobil bisa dengan mudah membaca brosur tersebut dan membawanya pulang.

4. Memberikan Produk Sampel

Jika ketika jenis iklan sebelumnya hanya berbentuk video, gambar dan tulisan. Jenis iklan satu ini adalah menawarkan produk dengan memberikan kesempatan penumpang mobil untuk mencoba produk tersebut dalam bentuk sampel.

Cara Pasang Iklan di Mobil Melalui Perusahaan Jasa Periklanan

Saat ini banyak sekali perusahaan startup yang menawarkan jasa terkait advertising atau periklanan. Untuk mendaftarkan kendaraan Anda agar bisa dipasangkan iklan, Anda bisa menggunakan salah satu jasa yang ditawarkan oleh aplikasi Ubiklan.
Proses pendaftarannya pun tidak sulit.

Bagi pengguna Android, Anda dapat mengunduh aplikasinya yang telah tersedia di Play Store. Selanjutnya, ada tingga mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan menjadi mitra kerja Ubiklan. Diantara syarat-syarat yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Pemilik mobil berusia 17 keatas
  • Memiliki SIM & STNK yang aktif
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki rekening di bank BCA/Mandiri/CIMB Niaga
  • Memiliki atau menyewa kendaraan mobil yang diproduksi minimum tahun 2010
  • Menggunakan smartphone atau HP berbasis Android

Kendaraan mobil mampu mencapai jarak tempuh minimal sebagaimana yang telah ditentukan dalam kontrak kerjasama
Apabila semua persyaratan telah terpenuhi dan diterima oleh mitra, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengikuti prosedur pemasangan iklan pada kendaraan mobil Anda. Proses pemasangan iklan sendiri akan dilakukan di lokasi yang telah diinformasikan oleh perusahaan mitra.

Proses pemasangannya sendiri terbilang singkat. Anda cukup menunggu selama 30 menit hingga pemasangannya selesai. Namun, jika Anda memilih jenis iklan yang harus dipasang pada full body mobil, maka waktu yang diperlukan akan lebih lama, biasanya membutuhkan waktu sampai dengan empat jam.

Takut Stiker Iklan Merusak Body Mobil? Ini Dia Perawatan Cat Mobil Anda

Sebagian dari Anda mungkin masih ragu untuk memasang stiker iklan pada permukaan body mobil karena takut stiker tersebut dapat menyebabkan kerusakan. Namun sebenarnya hal tersebut tak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, bahan stiker yang digunakan memang dibuat khusus untuk mobil.

Layanan nano ceramic coating untuk perawatan body mobil Anda. SumberL avalonking
Layanan nano ceramic coating untuk perawatan body mobil Anda. Sumber: avalonking

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat resiko kerusakan cat pada mobil yang telah dicat ulang. Salah satu cara untuk mengembalikan kondisi body mobil menjadi seperti baru lagi adalah dengan menggunakan Jasa Nano Ceramic Jogja. Teknologi nano ceramic coating ini dapat melindungi cat pada permukaan body mobil Anda dan membuat mobil Anda lebih mengkilap dari sebelumnya.

Untuk menggunakan jasa ini, Anda bisa langsung datang ke bengkel mobil Finn Auto Express yang berlokasi di Bantul, Jogjakarta atau membooking melalui pesan WhatsApp. Tak hanya memiliki pelayanan yang berkualitas, tetapi Finn Auto Express juga dapat menangani mobil Anda dalam waktu yang singkat dengan harga yang cukup terjangkau.