Setiap orang tentu saja menginginkan liburan untuk melepaskan beban sejenak. Biasanya orang-orang akan berlibur bersama keluarga menggunakan transportasi pribadi seperti mobil. Namun apa jadinya jika pada saat sudah merencanakan piknik, mobil tidak bisa dinyalakan. Pastinya perasaan kecewa menyelimuti, setelah dicek ternyata aki mobilnya tekor. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan aki mobil sering tekor?

Secara umum accu atau biasa disebut dengan aki adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan arus listrik yang nantinya akan membantu menggerakan mobil. Apabila Anda memiliki mobil yang usianya sudah tua maka kualits aki yang dimilikinya juga akan semakin turun. Oleh sebab itu merawat aki mobil perlu dilakukan secara rutin dan terus-menerus. Jika hal ini tidak dilakukan maka risiko aki mobil sering tekor akan semakin besar.

Tentu saja Anda tidak ingin bukan jika mobil yang akan digunakan tidak bisa dinyalakan hanya karena aki tekor? Sehingga saat ini mulailah untuk lebih peduli dengan kesehatan kendaraan Anda termasuk mobil. Salah satu contohnya adalah sering melakukan pengecekan kondisi aki. Selain itu Anda juga perlu mengecek secara keseluruhan kondisi kendaraan, mulai dari segi bodynya apakah ada yang tergores dan yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa mobil bisa dijadikan salah satu inventasi, maka dari itu perlu dilakukan perawatan yang tepat. Apalagi jika dirasa mobil Anda terdapat goresan maka bisa langsung membawanya ke bengkel body repair Jogja untuk mendapatkan perawatan. Jika mobil Anda mendapatkan perawatan body yang baik, maka tampilannya akan semakin menarik serta performanya semakin meningkat.

Ilustrasi aki mobil, Sumber : auto2000.co.id
Ilustrasi aki mobil, Sumber : auto2000.co.id

Penyebab Aki Mobil Tekor

Aki merupakan komponen penting di dalam sebuah kendaraan, jika tidak ada aki maka kendaraan tidak bisa menyala. Karena salah satu fungsi aki adalah untuk menyalakan sistem starter yang digunakan menghidupkan mesin pada mobil. Berikut ini adalah penyebab aki mobil sering tekor, agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam perawatannya.

1. Mobil Jarang Dipanaskan

Faktor penyebab aki mobil sering tekor yang umum terjadi adalah mobil jarang sekali dipanaskan. Walaupun Anda jarang menggunakan mobil bukan berarti mobil Anda hanya dibiarkan di dalam garasi tanpa dipanaskan. Jika mesin tidak panas, maka aki tidak dapat menyuplai listrik yang cukup. Pada akhirnya, kapasitas kinerja aki akan semakin tidak optimal.

Sehingga seiring berjalannya waktu, apabila mobil tidak digunakan dan tidak dipanaskan maka aki akan menjadi tekor. Akibatnya saat Anda akan menggunakannya, mobil akan sulit untuk dihidupkan. Sebenarnya mobil jarang digunakan tidak menjadi masalah, hanya saja tetap dipanaskan agar kondisi mobil tetap prima. Jika mobil jarang digunakan, lebih baik diparkirkan di garasi ya.

Karena jika Anda memarkirkan di jalan dan terkena sinar matahari serta debu-debu akan mempengaruhi warna cat mobil menjadi kusam. Namun jika Anda mengalami permasalahan seperti cat mobil yang sudah mulai kusam, Anda bisa langsung membawanya ke cat mobil Jogja. Sehingga walaupun jarang digunakan, mobil akan tetap tampil cantik dan berfungsi dengan baik.

Ilustrasi mobil jarang digunakan, Sumber : seva.id
Ilustrasi mobil jarang digunakan, Sumber : seva.id

2. Penggunaan Aksesoris Mobil Secara Berlebihan

Ada beberapa orang yang memang memiliki hobi untuk memodifikasi mobil sedemian rupa dengan tambahan berbagai aksesoris. Namun jika penambahan aksesoris tersebut dilakukan secara berlebihan maka dapat mempengaruhi kinerja aki. Biasanya orang-orang akan menambahkan sistem audio yang memang menyita banyak daya listrik.

Nah sebenarnya menambahkan berbagai aksesoris mobil boleh-boleh saja, namun tetap melihat kondisi dari aki tersebut. Jika kondisi aki sebenarnya tidak kuat, lalu dibiarkan saja lama kelamaan aki akan menjadi tekor. Hingga akibatnya ada suatu kondisi mobil Anda tidak dapat distarter karena akinya tekor.

Audio mobil, Sumber : otomotif.kompas.com
Audio mobil, Sumber : otomotif.kompas.com

3. Terlalu Sering Menggunakan Mobil

Mobil yang jarang digunakan dan jarang dipanaskan dapat membuat aki tekor, namun siapa sangka terlalu sering menggunakan mobil juga dapat menyebabkan aki mobil tekor. Semakin intens mobil dipakai, maka kebutuhan listrik juga semakin meningkat. Apalagi audio menyala, AC juga menyala hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab aki menjadi tekor.

Walaupun memang setiap komponen memiliki daya tahan penggunaannya, namun jika mobil digunakan diluar batasnya tentu saja akan mempercepat daya pemakaiannya. Oleh sebab itu, rawatlah mobil Anda sebaik mungkin dan gunakanlah secara bijak agar lebih awet.

Ilustrasi penggunaan mobil, Sumber : bukamatanews.id
Ilustrasi penggunaan mobil, Sumber : bukamatanews.id

4. Umur Aki Sudah Tua

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa semakin tua mobil maka semakin tua juga umur dari aki. Apabila umur aki semakin tua, secara otomatis daya penyimpanan listriknya juga akan menurun. Jika hal ini terjadi maka memang sebaiknya Anda mulai membeli lagi yang baru, agar kinerja aki menjadi lebih optimal. Umumnya aki pada mobil akan diganti setiap 2 atau 3 tahun sekali, agar terhindar dari permasalahan mobil mogok hingga aki yang tekor.

Pengecekan kondisi aki, Sumber : liputan6.com
Pengecekan kondisi aki, Sumber : liputan6.com

5. Habisnya Air Aki

Untuk Anda yang menggunakan aki basah, memang memiliki kemudahan dalam mengisi ulang airnya secara mandiri. Namun terkadang Anda tidak mengecek terlebih dahulu kondisi air aki pada saat akan bepergian, sehingga tidak jarang air aki habis pada saat dijalan. Jika kondisi tersebut hanya dibiarkan saja, lama kelamaan akipun bisa cepat tekor sehingga merugikan Anda.

Ilustrasi mobil mogok, Sumber : tribunnews.com
Ilustrasi mobil mogok, Sumber : tribunnews.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab aki mobil tekor. Agar mobil tetap tampil menawan dan terawat maka Anda bisa membawanya ke bengkel kenteng magic Jogja, apabila dirasa mobil Anda membutuhkan perbaikan tampilannya. Terima kasih telah membaca artikel kami, ikuti berbagai informasi seputar mobil lainnya hanya di Finn Auto Express!