Biasanya ketika mobil mogok, kebanyakan orang akan mengecek terlebih bensin dan akinya. Padahal sebenarnya ada beberapa komponen mobil lainnya yang dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mogok akibat dari lama pemakaian mobil itu sendiri. Kali ini bengkel body repair Jogja memberikan informasi terkait beberapa penyebab mobil mogok yang harus anda ketahui.

1. Overheat

Salah satu penyebab mogoknya mobil adalah overheat. Mengapa mobil bisa mengalami overheat? Hal ini dapat terjadi karena kekurangan air radiator atau bahkan habis yang menyebabkan mesin panas dengan suhu yang tinggi diatas optimum. Radiator sangat penting untuk menjaga suhu mesin. Jika suhu mesin terlalu tinggi atau Overheat, maka mobil akan berhenti atau mogok secara tiba-tiba.

Ketika terjadi overheat pada mesin mobil anda, segeralah berhenti dan bawa mobil anda ke pinggir jalan. Langkah selanjutnya anda matikan mesin mobilnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak memperparah kondisi mesin. Langkah berikutnya buka Kap Mesin agar panas dapat berkurang. Jangan biarkan panas terperangkap di ruang mesin.

Langkah selanjutnya jika tutup radiator mesin mobil sudah dingin atau dirasa aman untuk dibuka, perikasalah tabung cadangan Air Radiator. Setiap mobil pastinya memiliki cadangan Air Radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan membantu kamu untuk melihat apakah Air Radiator kurang atau tidak. Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian Air.

Overheat Pada Mobil, sumber : Car Bibles
Overheat Pada Mobil, sumber : Car Bibles

Jika air kurang maka bisa berbahaya untuk mesin. Langkah berikutnya mengisi tabung dengan cairan pendingin sampai porsi garis atas. Anda bisa mengisi tabung dalam kondisi dingin atau panas namun tetap berhati-hati. Jika masih ragu, sebaiknya hubungi bengkel mobil terdekat.

2. Sistem Kelistrikan

Selain Aki, sistem kelistrikan pun dapat menjadi penyebab mogoknya mobil. Salah satunya adalah Alternator. Alternator termasuk salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik. Bisa anda banyangkan bila pasokan listrik tidak lancar, lama kelamaan kendaraan bisa tidak jalan alis mogok lantaran Aki soak.

Pada Umumnya, usia pemakaian Alternator dari kondisi baru bisa mencapai 5 tahunan. Setelah melewati masa tersebut kecenderungan kinerja alternator mulai berkurang dan berakibat pasokan listrik minim atau bahkan tidak sama sekali.

Usia pakai bisa saja lebih cepat diakibatkan beberapa faktor seperti penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar seperti modifikasi lampu, pemasangan audio dan motor.

3. Karburator

Faktor penyebab mobil mogok berikutnya adalah karburator mobil. Masalah pada karburator ini biasanya berkenaan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya proses yang terjadi ketika pembakaran menjadi tidak maksimal dan ketika menghidupkan mobil akan sangat sulit. 

Untuk memastikan kondisi karburator masih berfungsi atau tidak, anda dapat melepaskan slang yang terhubung ke karburator dan memasukannya ke dalam botol, dan lanjutkan dengan melakukan starter mobil.

4. Dinamo Starter

Penyebab Mobil Mogok, sumber : Auto Transport 123
Penyebab Mobil Mogok, sumber : Auto Transport 123

Penyebab mobil mogok yang kedua adalah adanya kerusakan pada dinamo starter. Biasanya komponen ini jarang sekali mengalami kerusakan jika bukan karena restorasi mobil (perbaikan mobil tua untuk dipakai kembali) atau karena pemakaian yang kurang ramah seperti terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala.

Memaksakan kerja dinamo secara terus menerus saat mesin tidak mau menyala akan membuat Dinamo Starter rusak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena memaksakan kerja dinamo akan membuat dinamo menjadi panas. Kondisi panas yang dialami dinamo akan berpotensi membakar komponen-komponen lainnya pada mesinnya.

Cara yang dapat kalian lakukan ketika komponen ini rusak adalah dengan membawanya ke bengkel mobil resmi. Namun hal ini dapat terhindar jika kalian melakukan perawatan mobil yang cukup rutin.

5. Aki

Aki (Baterai) merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor terutama mobil, tetapi tidak semua pengendara mobil mengetahui apa fungsi Aki mobil secara benar. Apalagi bagi pengendara yang baru belajar menyetir, segala macam komponen mobil belum diketahui dengan baik.

Aki atau yang dikenal sebagai accu merupakan penyimpanan arus listrik yang akan menggerakan mobil. Saat mesin mati, Aki lah yang bertugas untuk penyedia energi listri yang paling utama. Dengan kata lain, bisa juga dikatakan sebagai faktor utama mengapa mobil sering mengalami mogok.

Banyak hal yang menyebabkan Aki rusak seperti mobil jarang digunakan, tingginya intensitas penggunaan mobil, kecilnya amper mobil yang menyebabkan aki soak sebelum waktunya, dan penambahan aksesoris mobil yang tidak disesuaikan dengan ampere yang dimiliki.

Jika aki rusak maka mobil tidak dapat distarter, maka kalian dapat langsung membawa mobil kalian ke bengkel untuk mengganti aki tersebut atau hanya mengisinya agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

6. Bahan Bakar

Kasus ini sering terjadi. Walau indikator bensin di kabin menunjukan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya, misalnya dengan memasukan sebatang kayu kecil ke dalamnya. Jika bahan bakar akan habis atau bahkan nyaris tidak tersisa bisa juga menyebabkan mobil mogok.

Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil di Pom bensin terdekat. Jika Anda merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.