Inilah Ciri-Ciri dan Penyebab Velg Rusak pada Mobil

Berkendara dengan mobil kini menjadi salah satu pilihan yang dipakai oleh keluarga saat liburan ataupun kegiatan kantor. Kenyamanan dan keamanan yang lebih baik dibandingkan kendaraan roda dua merupakan salah satu alasannya.

Oleh karena itu berbagai macam komponen yang mendukung kenyamanan pada mobil begitu diperhatikan. Mulai dari dirawat, dibersihkan, atau pun diganti agar mendapatkan kenyamanan yang maksimal.

Velg merupakan salah satu komponen yang melengkapi bagian ban mobil. Seperti komponen ban lainnya, velg juga merupakan bagian yang penting yang tidak bisa dipisahkan dari ban.

Velg mobil menjadi komponen yang penting karena jika velg rusak maka kendali mobil bisa terganggu dan bisa membahayakan nyawa penumpang. Selain membahayakan penumpang, velg yang rusak juga membahayakan bagi pengendara pada kendaraan yang lainnya.

Untuk menjaga kenyamanan dari mobil berbagai model mobil velg pun mulai di buat. Mulai dari bentuk velg yang keren dan bahannya pembuatannya yang bermacam-macam mulai dibuat.

Kemudian berbagai macam pengujian yang ketat pun mulai di jalankan untuk mendapatkan velg dengan kualitas yang terbaik. Anda bisa dapatkan velg ini di toko aksesoris mobil yang terpercaya.

Oleh karena itu, kondisi velg pun perlu diperhatikan untuk menjaga kenyamanan dari mobil.

Untuk itu perlu bagi kita untuk memeperhatikan ciri-ciri yang dimiliki oleh velg yang rusak agar kita bisa melakukan penanganan yang tepat.

Body Repair Jogja Velg Penyok

Velg Penyok

Ciri-ciri yang terjadi jika velg rusak

Berikut adalah ciri-ciri yang perlu anda ketahui jika ada kerusakan pada velg mobil

  • Ketika ban mobil kempes kemudian ditambah angin setelanya, akan tetapi tidak lama dari itu kempes lagi. Maka, kejadian itu bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada ban mobil, salah satunya adalah masalah velg yang rusak pada bagian dalamnya.
  • Dicek dengan isi angin ternyata tidak ada kebocoran pada ban, maka itu dipastikan bahwa pelek ada yang mengalami retak atau bocor.
  • Pelek yang bermasalah akan terasa bergetar pada lingkar kemudi saat mobil berjalan. Ini karena angin yang ada pada ban berkurang. Alhasil, kaki-kaki tidak bisa melaju stabil, bahkan roda-roda menjadi tidak balance atau seimbang.
  • Pelek tidak layak dipakai atau dalam kondisi yang rusak bisa menjadikan ban dalam mobil menjadi tipis dan bisa saja habis tergesek. Biasanya bentuk kiri dan kanan dari ban mobil akan terlihat perbedanya.
Body Repair Jogja Velg Lecet

Velg Lecet

Penyebab velk sering rusak

Selanjutnya adalah kita oerku mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan ban mobil menjadi rusak.

Sering melewati jalan berlubang

Jalan yang berlubang memang mngakibatkan banyak kerusakan pada bagian mobil. Yang paling parah adalah pada bagian ban mobil yang melakukan kontak langsung dengan jalan berlubang. Bagian ban mobil yang terkena dan paling sering mengalami kerusakan adalah ban luar mobil, ban dalam mobil dan juga velg.

Velg yang terkena jalan berlubang bisa membuat bagian luar velg menjadi bengkok jika terlalu sering terjadi.

Tekanan angin pada ban tidak sesuai

Tekanan angin pada ban memang menjadi salah satu yang mengakibatkan mobil menjadi bermasalah. Salan satunya adalah velg yang bisa terkena dengan permukaan jalan jika tekanan udara pada ban sangat kecil.

Ukuran ban tidak sesuai dengan velg

Ukuran yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan kondisi velg menjadi rusak. Selain velg yang rusak, ban itu sendiri juga bisa cepat rusak karena tidak terpasang dengan sesuai dengan velgnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai ciri-ciri dan penyebab velg rusak.

Jika anda mendapati velg mobil anda penyok atau pecah, anda bisa perbaiki di bengkel body repair jogja. Di bengkel ini anda bisa memperbaiki velg mobil anda yang penyok menjadi seperti sebelumnya.

Karena jika anda langsung menggantinya, maka butuh biaya yang tidak sedikit tentunya perlu menyamakan bentuk velg yang cocok yang serupa dengan velg sebelumnya. Sedangkan jika anda memperbaikinya anda bisa menghemat uang anda dan tidak perlu repot-repot untuk mencari yang sama dengan velg sebelumnya.

Sekian yang bisa kami bagikan. Semoga menambah wawasan anda. Sampai jumpa.