Jika anda memiliki mobil dan tidak menginginkan mobil yang anda miliki terlihat kusam dan tidak mengkilap maka anda sebaiknya mengetahui bahan pembersih dan pengkilap body kendaraan. Salah satu pengkilap body mobil adalah polish dan wax dimana anda perlu mengetahui perbedaan wax dan polish untuk perawatan cat mobil anda.

Terkadang dalam penggunaannya secara tidak sengaja body mobil tergores sesuatu shingga menimbulkan goresan atau baret ringan pada mobil. Hal ini tentu menjadi tidak enak di pandang dan sebisa mungin segera di hilangkan. Selain itu seiring berjalannya waktu cat mobil bisa menjadi kusam karena kepanasan dan kehujanan.

Para pemilik mobil harus rutin melakukan perawatan secara berkala agar mobil mereka senantiasa dalam keadaan bersih dan mengkilap. Salah satu perawatan yang dapat membersihkan mobil tentu dengan mencuci, baik itu dilakaukan sendiri atau menggunakan jasa cuci mobil dengan memasukan ke salon mobil Jogja seperti Finnautoexpress.

Untuk mendapatkan mobil yang mengkilap tidaklah cukup hanya dengan mencuci, anda membutuhkan perawatan lebih seperti polish dan wax. Keduanya sama-sama digunakan untuk memperkilap cat mobil anda.

Dengan menggunakan perawatan cuci mobil disertai dengan pemolesan pada boody mobil, dijamin mobil anda akan kembali mengkilap seperti baru keluar dari dealer. Memasuki topik yang lebih mendetail, tahukah Anda mengenai perbedaan wax dan polish ? Apakah keduanya memilii fungsi yang sama ?

Perbedaan Wax dan Polish
Merawat mobil harus rutin. Sumber Unsplash

Tidak sedikit pemilik mobil yang memahami bawah wax dan polish adalah aktivitas atau hal yang sama. Meskipun telihat mirip, aktivitas poles dan wax adalah hal yang berbeda. Keduannya memiliki fungsi yang saling melengkapi, tetapi tidak harus dilakukan bersamaan. Anda bisa menggunakan jasa polish saja atau wax saja.

Agar membuat mobil terlihat mengkilap, ada kalanya mobil hanya perlu untuk dilakukan perawatan dengan polish atau wax saja. Untuk itu, perbedaan wax dan polish harus anda ketahui sebelum anda menggunakan kedua jasa layanan tersebut untuk mobil anda.  Simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan wax dan polis sampai tuntas.

Polish

Pada perinsipnya, perbedaan wax dan polish bisa dengan mudah diketahui, baik dari segi cara kerja sampai bentuk dan fungsinya. Polish bertujuan untuk mengikis lapisan clear coat cat mobil sehingga cat mobil yang awalnya terlihat kusam menjadi mengkilap.

Tidak hanya menghilangkan warna cat mobil yang kusam, tetapi menghilangkan goresan body mobil dengan mudah dan mengatasi jamur yang menempel pada permukaan clear coat cat mobil. Nah untuk menghilangkan baret halus dan jamur tersebut, maka perlu untuk dilakukan pengkikisan lapisan clear coat.

Untuk melakukan pengkikisan menggunakan cairan khusus yang bersifat abrasif. Dalam prosesnya, cairan inilah yang berfungsi untuk mengkikis lapisan clear coat mobil tersebut. Perlu diketahui, bahwa pengkikisan lapisan clear coat tidak terjadi dengan masif melainkan hanya sedikit dengan ukuran mikron.

Wax

Sedangakan waxing adalah perawatan yang bertujuan untuk melapisi permukaan cat mobil guna untuk mendapatkan perlindungan yang ekstra. Dengan adanya perlindungan ekstra tersebut akan memberikan ketahanan warna cat mobil dan lebih mengkilap.

Melihat dari proses untuk mengkilapkan mobil tentu proses polish dilakukan lebih dahulu, baru kemudian dilakukan proses waxing untuk melindungi hasil kilapan dari polishing sebelumnya.

Untuk itu perlu diperhatikan, bila kondisi mobil anda saat ini kusam, tidak disarankan anda melakukan proses waxing tanpa didahului polishing karena hanya akan menjadi sia-sia. Jika anda hanya melakukan waxing saja maka cat yang telah rusak sehingga berwarna kusam tidak akan hilang, bahkan malah terlindungi dengan bahan wax. Maka sebelum di wax body mobil sebaiknya di polish agar mengkilap dulu.

Bagi anda pemilik mobil baru, atau anda yang baru saja melakukan pengecatan mobil anda baik melalui jasa cat mobil Jogja atau mengecat mobil sendiri, perawatan ini sangat dianjurkan karena kilauan yang baru dari dealer akan terjaga lebih lama. Perawaran waxing dilakuakan dalam rentan waktu 4 sampai 6 minggu sekali, tergantung dari faktor pencucian mobil. Semakin sering mobil dicuci tentu lapisan waxing akan semakin cepat menghilang.

Perbedaan Wax dan Polish
Kenali perbedaan wax dan polish. Sumber Unsplash

Banyak sekali masalah pada body mobil yang sering terjadi, mulai dari cat yang semakin lama berwarna pudar dan kusam, goresan ringan pada body mobil sampai dengan cat yang terkelupas karena terkena benturan. Masing masing ada solusinya ketika kendaraan anda dibawa ke bangkel. Penanganannya mulai dari yang ringan yakni dengan melakukan poles sampai dengan penggantian cat jika memang sudah berat.

Itulah ulasan mengenai perbedaan wax dan polish yang bisa kami sampaikan. Anda bisa memilih layanan tersebut baik washing atau polish atau keduanya sekaligus tergantung kebutuhan kendaraan anda. Semoga artikel ini memberi pengetahuan bermanfaat kepada anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang cara modifkasi mobil ceper dengan mudah. Terima kasih.