Melindungi mobil adalah hal utama yang harus dilakukan para pemilik mobil. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi ketahanan dan performa mobil. Sehingga pemilik mobil harus memiliki informasi terkait cara perlindungan mobil.

Salah satu kondisi yang perlu diperhatikan adalah perlindungan mobil dari panasnya radiasi cahaya matahari. Terutama untuk daerah tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari dalam durasi waktu yang lama akan bisa berefek pada ketahanan mobil.

Maka, para pemilik mobil hendaknya mengetahui, apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa menghadapi kondisi seperti ini. Nah, untuk membantu para pemilik mobil menjaga ketahanan kendaraan kesayangan mereka, berikut kami berikan informasi terkait cara melindungi mobil dari sinar matahari.

Perlindungan Mobil dari Sinar Matahari

Ilustrasi Mobil di Bawah Sinar Matahari, sumber ig lautofan

Ilustrasi Mobil di Bawah Sinar Matahari, sumber ig @lautofan

Banyak hal yang perlu dilakukan para pemilik kendaraan mobil untuk menjaga kendaraan mereka. Mulai dari perawatan sampai peremajaan. Nah, salah satu yang perlu dijaga adalah body mobil yang sering terpapar panasnya matahari pada saat parkir atau momen lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara perlindungan mobil dari sinar matahari :

1. Kaca Mobil Dipasang Kaca Film

Yang bisa terjadi pada saat mobil terpapar lama di bawah sinar matahari salah satunya adalah merusak bagian interior mobil. Sebaiknya segera lapisi kaca mobil Anda dengan kaca film, meskipun harganya relatif mahal tapi coba liat fungsinya. Kaca film ini akan menghindari sinar matahari masuk ke kabin mobil yang bisa merusak bagian interior mobil Anda.

2. Tegakan Wiper

Paparan sinar matahari juga akan berefek pada wiper. Wiper berada di bagian terluar kaca depan mobil. Maka, paparan matahari akan merusak wiper dan bisa mempengaruhi kaca bagian depan mobil.
Apalagi jika lahan parkir Anda ada di lapangan, Anda wajib menegakkan wiper dulu sebelum meninggalkannya. Jika dibiarkan saja wiper tetap tertidur, maka wiper akan terpapar sinar matahari. Jika hal itu terjadi, wiper akan mengeras dan ketika digunakan kembali akan merusak kaca mobil Anda.

3. Cari Tempat Parkir Yang Teduh

Ilustrasi Mobil Berada di Tempat Teduh, sumber ig nezerlf

Ilustrasi Mobil Berada di Tempat Teduh, sumber ig @nezerlf

Mencari tempat parkir memang hal yang paling ampuh untuk melindungi mobil dari interaksi lingkungan luar yang ekstrim. Tetapi hal ini tidak selalu mudah di setiap tempat. Tetapi pemilik mobil tetap bisa menghadapi kondisi ini dengan mencari tempat teduh baik di bawah pohon maupun di bagian bawah gedung-gedung.

4. Poles Body Mobil

Cara selanjutnya adalah dengan poles mobil secara rutin. Karena dengan mengecet mobil juga bisa melindungi mobil Anda dari sinar ultraviolet. Jangan khawatir, sekarang sudah ada paket hemat yang bisa dipilih untuk poles body mobil

5. Turunkan Sedikit Kaca Jendela

Ketika hendak memarkir mobil, sebelum Anda keluar dari mobil, sebaiknya turunkan sedikit saja kaca jendelanya. Hal ini bertujuan agar ada udara bisa masuk ke dalam mobil lewat sedikit dari ventilasi mobil. Sehingga mobil tidak mengalami kepanasan dan juga mobil tidak akan terasa pengap nantinya.

Itu dia berbagai cara perlindungan mobil dari paparan sinar matahari yang bisa redaksi finn auto express rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat dan simak berbagai artikel body repair Jogja lainnya di halaman kami.