Restorasi mobil seolah menjadi salah satu tren para penghobi dan penggemar otomotif saat ini. Banyak diantara mereka yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk aktivitas restorasi mobil ini. Kebanyakan restorasi mobil ini digandrungi para generasi yang sudah melihat tren mobil sejak tahun ‘70-an.

Namun tidak sedikit generasi muda yang sudah mulai memahami apa yang dimaksud dengan restorasi mobil. Asalkan benar-benar memiliki minat otomotif, siapapun akan bisa memahami apa itu restorasi mobil, bagaimana caranya dan apa manfaat yang bisa didapatkan dari pekerjaan otomotif yang satu ini.

Bagi Anda yang masih belum begitu memahami restorasi mobil karena baru terlibat dalam dunia otomotif baru-baru ini, jangan khawatir. Berikut berbagai informasi menarik dan bermanfaat yang perlu diketahui dan mudah untuk dipelajari tentang aktivitas penghobi dan penggemar otomotif yang satu ini.

Informasi Seputar Restorasi Mobil

Pekerjaan Restorasi Mobil, sumber ig retro_rf_official

Pekerjaan Restorasi Mobil, sumber ig @retro_rf_official

Mobil adalah salah satu yang berharga untuk dimiliki oleh siapapun. Bukan hanya sekedar harga secara materi, tetapi termasuk harga non materi. Secara materi, memang untuk memiliki mobil harus dipersiapkan biaya yang tidak sedikit. Namun secara non materi, mobil bisa menjadi berharga karena manfaatnya selama ini dalam kehidupan kita.

Begitulah kira-kira filosofi yang mendasari pekerjaan otomotif ini. Restorasi mobil adalah pekerjaan untuk membuat mobil-mobil legendaris menjadi kembali mulus dan kembali memiliki performa yang bagus. Dilihat dari definisi ini, tentu saja mobil yang direstorasi adalah mobil-mobil tua.

Sehingga aktivitas ini bukanlah sekedar perbaikan karena terdapat kerusakan seperti pekerjaan servis mobil. Yang dilakukan adalah mengembalikan mobil tua kepada kondisinya saat masih baru keluar dari produksi. Apakah mungkin? Mungkin saja, dengan usaha yang lumayan membutuhkan ketekunan.

1. Pekerjaan Restorasi Mobil

Bagi para pemiliki mobil tua, pekerjaan otomotif yang satu ini banyak digandrungi. Banyak bengkel-bengkel yang biasanya melayani pekerjaan seperti body repair, kenteng magic, cat mobil juga menyediakan layanan semacam ini. Namun masih jarang bengkel yang hanya menyediakan layanan ini saja. Selain itu, terkadang pemilik mobil sendiri yang mengerjakannya.

Karena sebenarnya pekerjaan ini tidak terlepas dari perbaikan body, ketok magic dan pengecatan kembali mobil. Siapapun bisa melihat bahwa mobil tua, meskipun benar-benar dirawat, namun jika umurnya sudah 20 tahun hingga 30 tahun tetap saja akan mengalami masa-masa rusak.

Ilustrasi Mobil Tua, sumber ig dragoneclassicmotorcars

Ilustrasi Mobil Tua, sumber ig @dragoneclassicmotorcars

Lebih dari itu, bagian-bagian penting dari mobil, bukan hanya tampilan luarnya, seperti mesin dan bagian yang sejenis pada mobil juga akan diperbaharui apabila memungkinkan. Mobil keluaran terbaru banyak memiliki tambahan fitur untuk beradaptasi dengan kondisi seperti AC yang belum tentu terdapat pada mobil keluaran 20 atau 30 tahun-an yang lalu.

Para pemilik kendaraan mobil tua dan bengkel yang mennyediakan layanan ini harus terlebih dahulu memahami bagian-bagian yang sekedar diperbaiki dan bagian yang harus diganti. Setelah itu, untuk bagian yang harus diganti, seperti suku cadang, maka harus berburu. Karena saat ini kebanyakan suku cadang tersebut menjadi langka.

Namun dengan kemudahan penyebaran informasi di zaman modern seperti saat ini, kebanyakan suku cadang lama yang dibutuhkan ini dapat diketemukan. Bukan hanya itu, meskipun suku cadang tersebut diketemukan di tempat yang jauh sekalipun, barang tersebut bisa dengan mudah dikirim kepada pembelinya.

2. Biaya Restorasi Mobil

Selain mengetahui bagaimana pekerjaan otomotif yang satu ini dan segala yang menjadi kebutuhannya, maka tentu saja harus dipersiapkan pembiayaannya. Karena pekerjaan ini dari segi bahan-bahan perbaikannya serta suku cadang yang harus dibeli, semuanya menggunakan pembiayaan. Termasuk pembiayaan apabila menggunakan jasa body repair Jogja.

Untuk besaran biayanya sangat bergantung dengan kebutuhan. Karena tidak semua mobil tua memiliki kondisi yang sama. Ada yang sudah sampai mogok, namun juga masih ada yang ber-performa bagus. Terlebih apabila membutuhkan suku cadang yang telah langka, tentu saja para pemiliki mobil harus merogoh kocek agak dalam.

Tetapi secara keseluruhan menurut testimoni beberapa yang sudah melakukan pekerjaan ini, biayanya tidak sampai sebesar biaya yang dibutuhkan untuk membeli mobil keluaran terbaru. Jadi, masih terjangkau bagi sebagian pemilik mobil, terutama yang sayang dengan mobil tuanya.

Ilustrasi Mobil Tua Berpenampilan Bagus, sumber ig kestutisnikolajevas

Ilustrasi Mobil Tua Berpenampilan Bagus, sumber ig @kestutisnikolajevas

3. Manfaat Restorasi Mobil

Yang terakhir yang perlu diketahui adalah manfaatnya. Tentu saja pekerjaan ini dapat bermanfaat. Karena usaha dan biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Tidak mungkin usaha dan biaya yang dikeluarkan hanya sia-sia tanpa ada keuntungan sama sekali.

Manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas ini yang pertama adalah mobil tua yang kembali bagus. Bagian pemiliki kendaraan, mobil tua yang banyak memberikan kenangan yang sudah kembali bagus akan memberikan kegembiraan tersendiri.

Manfaat lainnya adalah manfaat usaha. Bisnis di sektor otomotif ini bisa mendatangkan untung yang lumayan. Bahkan, tawaran untuk membeli mobil tua yang sudah kembali bagus (baca : antik) bukan tawaran yang main-main. Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Itu dia berbagai hal yang penting untuk diketahui tentang restorasi mobil. Semoga dapat menjadi informasi menarik dan menghibur pembaca sekalian. Simak berbagai informasi dan tips body repair, kenteng magic dan cat mobil lainnya di halaman finn auto express.