Sebelum membeli mobil bekas maupun baru, ada tahapan yang tidak boleh dilewatkan yakni test drive. Test drive ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana performa dari kendaraan yang Anda pilih. Apalagi untuk mobil bekas, maka perlu sekali untuk mengetahui bagaimana kondisi kendaraan tersebut. Sehingga pada saat sudah terjadi transaksi jual beli dan mobil sudah Anda bawa pulang, Anda tidak akan kecewa dengan hasil pilihan tersebut.

Terkadang banyak yang menganggap bahwa mobil bekas sudah tidak layak digunakan dan kondisinya buruk. Namun jangan salah, masih banyak mobil bekas yang menawarkan kondisi yang masih prima. Jadi ketika Anda ingin membeli mobil, namun uang yang Anda miliki belum cukup untuk membeli mobil baru maka mobil bekas bisa menjadi pilihan. Anda hanya perlu cermat saat memilih mobil bekas tersebut.

Mengapa Perlu Test Drive Mobil?

Ketika memilih mobil untuk dibeli, tentu saja yang dilihat tidak hanya tampilan luarnya saja. Karena tampilan luar yang mulus, tidak bisa menjadi pertanda bahwa mobil dalam keadaan yang baik. Untuk mobil bekas misalnya, tampilan body mobil yang mulus bisa diakali dengan membawanya ke bengkel body repair Jogja. Sehingga goresan-goresan yang memperburuk penampilan mobil dapat dihilangkan.

Tips test drive mobil, Sumber: saltlake.mastermuffler.net
Tips test drive mobil, Sumber: saltlake.mastermuffler.net

Jadi Anda jangan terkecoh dengan penampilan luarnya saja ya, meskipun memang tampilan luar juga penting. Test drive ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil yang akan Anda beli. Baik itu mobil baru ataupun mobil bekas, hal yang wajib untuk mengetahui performa berkendaranya. Sehingga ketika Anda telah membayar mobil tersebut dan membawanya pulang, tidak akan kecewa.

Pada saat mengendarai sebuah mobil tidak hanya tampilannya saja yang bagus, namun dari segi kenyamanannya juga penting. Jadi mencoba mengendarai mobil sebelum memutuskan membeli sangat disarankan untuk Anda. Jadi ketika Anda memiliki beberapa pilihan mobil yang ingin dibeli, dengan mencobanya dapat mempermudah Anda untuk memutuskan mobil mana yang akan dibeli.

Tips Test Drive

Sebelum melakukan transaksi pembayaran saat membeli mobil baru ataupun bekas, terlebih dahulu Anda akan mencoba mengendarainya terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan supaya Anda mengetahui bagaimana performa dari kendaraan tersebut. Berikut beberapa tips test drive yang bisa Anda ikuti ketika memilih mobil.

1. Mengenali Fitur-Fitur Mobil

Saat melakukan test drive, Anda perlu mengenali berbagai fitur yang ada di dalamnya. Anda bisa mencobanya satu per satu mulai dari kenyamanan kursi, spion, stir mobil, lampu-lampu, dan yang lainnya. Pastikan bahwa semua fitur yang ada di dalam mobil membuat Anda nyaman berkendara. Jika dirasa Anda bingung dengan fitur tertentu, maka jangan ragu untuk bertanya secara detail kepada sales.

2. Coba Duduk di Kursi Penumpang

Ketika melakukan test drive, pastikan Anda juga mencoba duduk di kursi penumpang. Karena tidak selamanya Anda akan duduk dibelakang kemudi. Terkadang Anda juga duduk sebagai penumpang bukan pengemudi. Oleh karena itu, mengetahui kenyamanan saat duduk di kursi penumpang jga diperlukan saat melakukan test drive.

Pada saat berada di kursi penumpang ini, Anda juga bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut duduk di kursi penumpang. Mintalah juga pendapat dari anggota keluarga yang lainnya mengenai kenyamanan menggunakan mobil tersebut. Karena nantinya tidak hanya Anda saja yang menggunakan mobil tersebut, namun anggota keluarga yang lainnya juga akan menggunakannya.

Mencoba mobil sebelum membelinya, Sumber: business-standard.com
Mencoba mobil sebelum membelinya, Sumber: business-standard.com

3. Mengetahui Sistem Keselamatan Mobil

Test drive diperlukan sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil. Keselamatan merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan oleh pengemudi. Anda perlu mengetahui fitur-fitur keselamatan yang ada di dalam mobil tersebut. Jadi jika terjadai sesuatu hal yang tidak diinginkan, Anda paham bagaimana fitur keselamatan tersebut bekerja. Misalnya saja seperti kamera mundur, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan fitur keselamatan canggih lainnya.

4. Rasakan Performa Mobil

Pada saat melakukan test drive ini, Anda perlu merasakan bagaimana performa mobil yang sedang Anda kendarai. Mulai dari sistem pengeremannya hingga kenyamanan kemudinya. Kenyamanan dalam berkendara itu penting, jadi pada saat mencoba mobil bawalah secara perlahan tidak perlu terlalu kencang. Rasakan detailnya seperti bagian kaki-kaki, kondisi mesin saat mobil berjalan, dan yang lainnya.

Baca juga: Apa yang Menjadi Penyebab Aki Mobil Sering Tekor?

5. Cobalah di Semua Rute

Supaya semakin yakin dengan kondisi mobil yang Anda pilih, Anda bisa mencobanya melewati semua rute. Mulai dari jalan yang menanjak, jalan turun, macet, jalanan rusak, jalanan berbatu, jalanan berkelak-kelok, dan yang lainnya. Hal tersebut dilakukan agar Anda tahu bagaimana kondisi mobil saat digunakan di semua rute tersebut. Ketika semua sudah Anda rasakan dan diyakini bahwa mobil tersebut sesuai, maka Anda bisa melakukan transaksi.

Merasakan performa mobil, Sumber: carvine.co.uk
Merasakan performa mobil, Sumber: carvine.co.uk

Biasanya mobil bekas yang ditawarkan di pasaran, kondisinya masih tergolong bagus. Hanya saja tidak jarang bagian luar mobil ada yang sedikit terganggu, mungkin pada bagian warnanya yang mulai kusam. Untuk mengatasinya, Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel cat mobil Jogja supaya tampilan mobil mengkilap seperti baru lagi. Jadi untuk membeli mobil baru atau bekas, Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan budget yang dimiliki.

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips test drive saat membeli mobil baru ataupun mobil bekas. Untuk Anda yang menginginkan tampilan mobil yang cantik dan elegan, maka Anda bisa membawanya ke bengkel kenteng magic Jogja untuk mendapatkan perawatannya. Terima kasih telah membaca artikel di atas, ikuti berbagai informasi menarik lainnya seputar mobil hanya di Finn Auto Express!