Tips Belajar Mengemudi – Untuk bisa dengan lancar mengemudikan mobil, tentu saja terlebih dahulu Anda perlu belajar. Sebelum belajar mengendarai mobil, pastikan bahwa Anda sudah mencukupi umur. Jangan sampai Anda mengemudikan mobil di usia yang tidak disarankan. Karena hal tersebut tentu saja berisiko bagi diri Anda sendiri dan orang lain yang ada di jalan.

Pada kenyataannya, tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pengemudi di bawah umur. Untuk menghindari itu, Anda disarankan mengemudi mobil di usia yang telah ditentukan oleh suatu negara. Misalnya saja di Indonesia, terdapat usia minimal supaya mendapatkan Sim (Surat Izin Mengemudi). Menurut pasal 8 Perpol Nomor 5 Tahun 2021, ada batasan usia minimal untuk memiliki Sim sesuai dengan golongannya, yakni sebagai berikut:

  • 17 (tujuh belas) tahun untuk SIM A, SIM C, SIM D dan SIM DI
  • 18 (delapan belas) tahun untuk SIM CI
  • 19 (sembilan belas) tahun untuk SIM CII
  • 20 (dua puluh) tahun untuk SIM A umum dan SIM BI
  • 21 (dua puluh satu) tahun untuk SIM BII
  • 22 (dua puluh dua) tahun untuk SIM BI umum
  • 23 (dua puluh tiga) tahun untuk SIM BII umum

Untuk mengendarai mobil maka Anda memerlukan Sim A sebagai syarat mengemudi. Supaya bisa lancara mengemudikan mobil, tentu saja Anda memerlukan beberapa tips belajar mengemudi yang tepat. Apabila Anda belajar dengan tepat, maka secara otomatis akan meningkatkan keamanan Anda saat berkendara. Cara menyetir mobil sebenarnya tidak begitu rumit, hanya saja Anda memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Tips belajar mengemudi yang aman bagi pemula, Sumber: soco.id
Tips belajar mengemudi yang aman bagi pemula, Sumber: soco.id

Tips Belajar Mengemudi Mobil

Untuk bisa mengendarai mobil, tentu saja tidak instan. Ada beberapa proses yang perlu Anda lakukan sebelum bisa mengendarainya dengan lancar. Berikut beberapa tips belajar mobil yang dapat Anda ikuti supaya bisa segera lancar untuk mengemudikan mobil.

1. Kursus Mengemudi

Cara menyetir mobil untuk pemula yang pertama ialah dengan mengikuti kursus mengemudi. Orang yang sudah mahir mengemudi, belum tentu bisa menyampaikan ilmunya. Namun jika Anda masuk ke sekolah mengemudi, Anda akan dibimbing langsung oleh tenaga profesional untuk mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil yang benar.

Biasanya pemula banyak yang bertanya mengenai berapa lama belajar mobil hingga mahir. Standarnya orang yang sedang belajar mengemudikan mobil minimal harus 80 jam. Jadi Anda akan belajar mengemudi selama 80 jam sesuai dengan standar yang telah ada. Untuk masalah biaya sekolah mengemudi, itu sangatlah bervariasi. Mulai dari 700an ribu hingga 1,2 jutaan, biasanya tergantung dari lembaganya. Semakin terkenal dan berkualitas, maka akan semakin mahal.

Kursus mengemudi, Sumber: toyota.astra.co.id
Kursus mengemudi, Sumber: toyota.astra.co.id

2. Pemilihan Mobil yang Tepat

Tips belajar mengemudi selanjutnya ialah ketepatan dalam memilih mobil yang akan digunakan untuk belajar. Biasanya jika Anda mengikuti sekolah mengemudi, di sana sudah ada mobil yang sesuai untuk Anda gunakan. Ada 2 tipe mobil yang bisa Anda pilih, yakni mobil manual dan matic.

Baca juga: Apa yang Menjadi Penyebab Aki Mobil Sering Tekor?

Untuk Anda yang baru pertama kali belajar mobil, maka lebih baik mempelajari mobil yang bertransmisi manual terlebih dahulu. Karena tipe mobil yang ini memang diperlukan keahlian dan kesabaran untuk menggunakannya. Setelah Anda mahir menggunakan mobil transmisi manual, Anda akan lebih mudah untuk menggunakan mobil yang matic.

Namun perlu Anda ketahui bahwa kedua tipe mobil tersebut berbeda dalam mempelajarinya. Mobil matic memang terlihat lebih simple, namun jika tidak berhati-hati dalam membedakan gas dan rem dapat mengakibatkan kecelakaan.

Memilih mobil yang tepat, Sumber: seva.id
Memilih mobil yang tepat, Sumber: seva.id

3. Memahami Berbagai Fungsi yang Ada di Mobil

Sebelum mulai menjalankan mobil, terlebih dahulu Anda perlu memahami berbagai fungsi dari alat-alat dan fitur yang ada di dalam mobil. Jika Anda tidak mengetahui fungsi dari alat-alat yang ada di mobil, maka nantinya dapat menyebabkan bahaya.

Baca juga: Macam-macam Servis Mobil yang Penting!

Anda perlu mengetahui mana letak pedal gas, rem, hingga kopling untuk mobil yang manual. Kemudian ketahui lagi berbagai fungsi alat yang lainnya seperti lampu sign, klakson, dan sebagainya. Mengenal semua fungsi dari alat-alat tersebut merupakan salah satu cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil. Wajar saja jika Anda memiliki rasa takut atau cemas saat pertama kali mengemudikan mobil.

Memahami berbagai fungsi yang ada di mobil, Sumber: liputan6.com
Memahami berbagai fungsi yang ada di mobil, Sumber: liputan6.com

4. Memposisikan Duduk yang Nyaman

Tips belajar mengemudi berikutnya ialah mengatur posisi duduk yang nyaman. Saat posisi duduk nyaman, Anda akan lebih mudah memahami ilmu-ilmu yang diberikan saat Anda belajar mengemudi. Selain itu posisi duduk ini juga membantu Anda agar tidak kesulitan menginjak pedal mobil. Pandangan yang luas saat mengemudikan mobil juga diperlukan, oleh sebab itu aturlah posisi jok untuk mempermudah gerak Anda.

Atur posisi duduk yang nyaman, Sumber: otomotif.kompas.com
Atur posisi duduk yang nyaman, Sumber: otomotif.kompas.com

5. Fokus dan Konsentrasi

Saat mengemudikan mobil, fokus dan konsentrasi penuh sangatlah diperlukan. Untuk itu Anda harus tetap tenang untuk menjaga konsentrasi. Hindari menggunakan ponsel selama mengemudi, selain itu mendengarkan musik yang terlalu kencang juga dapat memecah konsentrasi. Jadi sebisa mungkin hindari hal-hal yang membuat fokus Anda hilang.

Jika Anda tidak fokus dan berkonsentrasi, maka risiko terjadinya kecelakaan akan meningkat. Supaya Anda tidak terlalu grogi, Anda bisa meyakinkan diri terlebih dahulu bahwa Anda belajar mengemudi didampingi oleh seorang profesional. Jadi Anda tidak perlu khawatir, yang Anda perlukan hanyalah fokus dan berkonsentrasi.

Fokus dan konsentrasi saat mengemudi, Sumber: gaspol.id
Fokus dan konsentrasi saat mengemudi, Sumber: gaspol.id

Setelah mahir menggunakan mobil, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati ya. Jangan lantas Anda bisa seenaknya di jalan karena alasan sudah mahir. Keselamatan berkendara merupakan prioritas utama yang perlu Anda terapkan saat mengemudi. Ada sedikit informasi untuk Anda yang ingin memperbaiki body mobil yang rusak. Anda bisa membawanya langsung ke bengkel body repair Jogja untuk diperbaiki.

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips belajar mengemudi mobil yang aman untuk pemula. Jika Anda menginginkan tampilan mobil yang lebih cantik dan elegan, Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel kenteng magic Jogja untuk mendapatkan perawatannya. Terima kasih telah membaca artikel di atas, ikuti berbagai informasi menarik lainnya seputar mobil hanya di Finn Auto Express!