Berkembangnya dunia digital menjadikan segala sesuatu bisa di lakukan secara online. Salah satun tren yang bergeser dari dunia nyata ke dunia online adalah adanya jual beli online. Segala barang yang anda butuhkan tersedia di jual beli online. Salah satu yang sering anda temukan adalah onderdil mobil. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai tips membeli onderdil secara online agar tidak tertipu.

Memang terbukanya jalur perdagangan di dunia maya tidak serta merta melancarkan segala transaksi. Karena ada saja pihak oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab dengan memperdagangkan barang palsu, barang berkualitas rendah atau bahkan menipu konsumen. Karena itu sebagai konsumen di jual beli online harus jeli dan waspada.

Spoiler dan bodykit bisa di dapatkan di marketplace. Sumber Unsplash

Tips Membeli Onderdil Secara Online

Membeli barang secara online tidak mudah. Anda dituntut untuk waspada dan jeli agar tidak tertipu atau mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi anda. Kali ini FinnAutoExpress.Com yang merupakan situs website bengkel body repair Jogja profesional akan membagikan tips membeli onderdil secara online yang bisa anda jadikan panduan untuk membeli barang. Silakan disimak !

1. Periksa reputasi penjual

Ada banyak cara utuk mendapatkan barang berkualitas di tempat jual beli online di dunia maya. Bisa melalui situs marketplace, melalui situs penjualan secara langsung milik penjual atau melalui forum jual beli yang ada di media sosial. Semua bisa anda lakukan dan tentu saja masing-masing neniliki kenggulan dan kerugian.

Marketplace adalah tempat jual beli yang mungkin menjadikan anda terasa nyaman dalam bertransaksi karena ada pihak ketiga yang menjadi perantara. Namun anda perlu memeriksa profil penjual dan track recordnya. Biasanya di dalam marketplace ada review dan juga rating. Pilih rating yang tertinggi. Rating tinggi berarti memiliki review yang baik.

Untuk yang bergabung dengan komunitas di sosial media, biasanya anda akan di beri referensi tempat jual beli yang berbasis komunitas. Untuk barang yang sulit ditemukan di marketplace dan barang bekas anda bisa beralih ke halaman forum jual beli berbasis komunitas di media ssosial seperti Facebook. Selain mendapatkan barang yang diinginkan, anda bisa bertukar pengalaman atau informasi mengenai permasalahan pada kendaraan anda.

Untuk anda yang akan membeli onderdil mobil melalui situs penjualan onderdil mobil secara langsung, sebaiknya anda mengecek informasi situs website yang bersangkutan. Situs yang berada di urutan atas mesin pencari belum tentu memiliki pelayanan yang baik. Fungsi SEO untuk bisnis memang memungkinkan situs web bisa berada di urutan atas mesin pencari, dan semua orang bisa melakukannya.

Karena itu situs penjualan langsung harus tetap diwaspadai. Akan lebih baik lagi jika toko online tersebut memiliki toko yang bersifat nyata atau toko fisik. Namun yang menggembirakan adalah biasanya toko yang memiliki website khusus adalah toko yang sudah profesional. Karena mereka mau mengalokasikan dananya untuk membuat website yang tentu saja biayanya lebih mahal daripada menjual di marketplace atau di medsos.

2. Waspada harga murah

Harga murah belum tentu barang murahan. Ada beberapa toko yang menjual barang murah namun kualitas juga tidak murahan. Namun anda juga perlu waspada dengan harga murah. Karena bisa jadi harga murah di tawarkan karena menjual barang imitasi atau barang yang memiliki kecacatan. Apalagi jika anda memilih membeli barang di forum komunitas media sosial. Anda harus waspada.

3. Lakukan COD

Jika anda masih khawatir dengan barang yang akan anda beli, apakah nanti barangnya imitasi, cacat atau tidak bisa di aplikasikan di kendaraan, anda bisa memilih opsi COD atau cash on delivary. Atau untuk pembelian bahan kimia seperti pelindung cat mobil yang beresiko terbakar dalam pengiriman, maka sebaiknya melakukan COD untuk transaksinya. Anda bisa menentukan tempat pertemuan yang aman dan nyaman.

Selain itu dengan COD anda bisa bertatap muka dengan penjual langsung, sehingga apabila penjual tersebut terpercaya, komunikasi menjadi lebih enak jika akan melakukan akad jual beli lagi di kemudian hari. Namun COD hanya bisa di lakukan antara oenjual dan pembeli yang berada dalam satu kota, atau tempat tinggal antara penjual dan pembeli tidak jauh.

4. Pilih barang bergaransi

Pilih narang dari pedagang yang memberikan garansi untuk onderdil mobil yang anda beli. Jangan sampai membeli barang yang nantinya anda kecewa karena telah membelinya. Bahkan untuk barang bekas yang memungkinkan untuk mendapatkan garansi seperti aki mobil, audio mobil dan lainnya, sebaiknya meminta garansi kepada penjual.

Jika anda sudah melakukan pembayaran barang, maka bukti pembayaran disimpan baik-baik. Hal ini untuk melakukan klaim garansi jika di kemudian hari barang yang anda beli bermasalah atau tidak bisa di gunakan. Saat ini di marketplace sudah ada layanan pengembalian barang, dan adanya pihak ketiga menjadikan proses retur barang akan menjadi semakin mudah.

Barang bekas mudah di dappatkan di forum jual beli berbasis komunitas. Sumber Unsplash

5. Jangan terpaku pada satu penjual

Tips membeli onderdil secara online terakhir adalah jangan pernah terpaku hanya pada satu penjual. Masih banyak ratusan penjual yang ada di marketplace atau di komunitas medsos. Hal ini agar anda mengetahui harga dan barang lain yang ditawarkan di dunia maya. Bisa jadi ada barang dari penjual lain yang memiliki harga sama dengan penjual yang biasanya anda melakukan transaksi, namun memiliki kualitas yang lebih baik.

Tips yang kami berikan diatas bisa berlaku juga secara umum untuk pembelian produk lainnya. Misal untuk membeli furniture, kacamata, kosmetik dan sebagainya. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya. Terimakasih sudah berkenan menyimak. 🙂