Korosi adalah proses rapuhnya sebuah partikel besi menjadi keropos atau mudah dihancurkan. Korosi merupakan proses alaminyah yang tidak bisa Anda hindari, hal ini hanya bisa cegah dan memperlambat proses korosi itu sendiri.

Cuaca yang ekstrim dari hujan dan panas matahari adalah salah satu faktor penyebab terjadinya karat. Di sisi lain, air yang mengandung unsur garam dan zat besi sangat berpengaruh sekali menjadikan body mobil Anda mengalami korosi.

Proses korosi ini memakan waktu relatif lama, hal ini tergantung perawatan dan tingkat pemahaman mengenai cara mencegah korosi pada mobil Anda khususnya untuk Body mobil. Body mobil berfungsi melindungi pengendara dari terik matahari dan hujan.

Body mobil juga sebagai pengaman pertama pengendara dari bahaya benturan. Adapun penyebab utama dari karat antara lain sebagai berikut:

1. Kelembaban yang ekstrim atau saat kelembaban udara di atas titik beku.

2. Kondisi basah beberapa bagian dalam waktu yang lama.

3. Unsur garam dan bahan kimia (Air hujan, Hembusan air laut dan polusi industri yang bisa mempercepat terjadinya korosi pada mobil).

4. Suhu yang tinggi dalam waktu lama dan kontinyu serta tidak adanya sirkulasi udara yang baik juga menjadi salah satu sebab terjadinya proses korosi.

Tips Pencegahan Korosi Pada Body Mobil

Korosi Pada Body Mobil
Korosi Pada Body Mobil, Sumber : kompas.com

Dengan mengetahui dan memahami penyebab korosi tersebut, maka Anda dapat melakukan upaya pencegahan korosi pada body mobil Anda. Oleh karena itu, berikut uraian tips pencegahan korosi pada body mobil yang benar sehingga penting untuk dapat dipraktikkan pada mobil Anda.

1. Mencuci Mobil Secara Rutin

Cara termudah dan benar ialah selalu menjaga kebersihan mobil dengan mencuci atau membersihkannya secara teratur dan tepat waktu. Mencuci juga tidak sembarangan, beberapa orang melakukan kesalahan saat mencuci mobilnya.

Gunakan sampo khusus yang berkualitas yang terjamin kualitasnya sehingga tidak merusak cat body mobil atau mencuci dengan air berkadar garam tinggi.

Mencuci mobil saat malam hari juga perlu dihindari karena di malam hari air bekas cucian sulit kering dan udara yang lembab sangat tidak baik untuk mempertahankan mobil anda dalam keadaan basah.

2. Memperbaiki Permukaan Cat Pada Body Mobil

Segera memperbaiki permukaan cat pada body mobil juga sangat perlu. Lapisan cat mobil juga berfungsi sebagai pertahanan body mobil Anda dari partikel atau benda yang menyebabkan karat pada mobil.

Periksalah body mobil Anda dari kemungkinan terjadinya goresan atau pengelupasan. Tentunya body mobil yang mengalami hal demikian sangat mudah dan rentan timbul korosi dan terus menyebar ke seluruh permukaan.

3. Menjaga Kebersihan Interior Mobil Anda

Ilustrasi Menjaga Kebersihan Interior Mobil
Ilustrasi Menjaga Kebersihan Interior Mobil, Sumber : tribunnews.com

Membersihkan interior mobil juga perlu untuk meratakan mobil Anda dalam keadan bersih secara keseluruhan. Kelembaban, air kotor, mungkin juga lumpur yang berada di karpet mobil dapat menyebabkan karat.

Jaga kondisi lantai agar tetap bersih dan kering karena endapan kotoran sangat susah untuk dihilangkan. Barang-barang bawaan seperti zat kimia dan memiliki unsur pendukung proses korosi sebaiknya jangan disimpan terlalu lama dalam mobil.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena anda selalu atau bahkan sering membawa barang bawaan tersebut, maka sebaiknya Anda membuat tempat khusus atau wadah sehingga jika tumpah bisa dengan mudah membersikannya.

Usahakan selalu segera membersihkan kotoran atau bekas benda yang tumpah agar tidak terlalu lama mengendap.

4. Menggunakan Aksesori Pencegah Karat

Pasanglah berbagai macam aksesori untuk mencegah karat, misalnya penahan lumpur atau mud guard pada spakboard. Pasang karpet dek mobil dari bahan plastik.

Karpet dari plastik akan mencegah air yang terbawa ke kabin di saat pengendara masuk ke mobil setelah di luar menginjak genangan air merembes ke dek. Bila itu terjadi, timbulnya korosi hanya menunggu waktu.

5. Menyimpan Kendaraan Dengan Benar

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya yakni saat Anda menyimpan kendaraan atau memarkirkannya. Jangan pernah atau sering memarkir mobil di tempat yang lembab atau dengan sirkulasi udara yang buruk. Sebelum Anda menyimpan kendaraan Anda, sebaiknya pastikan kendaraan dalam keadaan bersih dan kering.

Demikian uraian mengenai tips pencegahan korosi pada body mobil yang perlu Anda ketahui. Jika upaya pencegahan korosi tersebut sudah dilakukan pada mobil Anda tentu akan bisa memperlambat proses korosi pada body mobil, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya karat yang merusak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.